Presiden Jokowi Pastikan Bansos Berlanjut di 2021 – RDK FM UIN JAKARTA

Presiden Jokowi Pastikan Bansos Berlanjut di 2021

Potret bantuan sosial yang merupakan salah satu program perlindungan sosial di tengah pandemi. Sumber foto: CNN Indonesia


Presiden Joko Widodo melalui akun instagram pribadinya @jokowi pada Jumat (01/01), memastikan program perlindungan sosial berlanjut pada 2021. Program tersebut berupa program kartu sembako, program keluarga harapan, bansos tunai, kartu prakerja, dana desa, serta diskon listrik bagi masyarakat yang membutuhkan. Hal tersebut bertujuan menstabilkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi.

Mahasiswa  Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDIKOM), jurusan Kesejahteraan Sosial (Kessos), semester tiga, Khosyi Muttaqien mengatakan,  berlanjutnya program perlindungan sosial berupa bantuan merupakan langkah yang tepat dan memang seharusnya pemerintah dengat cepat melaksanakan kembali program bantuan sosial. Hal tersebut dilakukan mengingat belum ada kestabilitasan menyeluruh di sektor ekonomi masyarakat saat pandemi ini, khususnya masyarakat menengah ke bawah.

“Namun, dengan catatan harus terdapat peningkatan tingkat ketepatan target penerima program bantuan, karena tak dapat dipungkiri program bantuan pada 2020 masih banyak penerima yang tidak potensial akibat kurangnya ketegasan prosedur,” ungkapnya.

Anggota Forum Komunikasi Mahasiswa Kesejahteraan Sosial (Forkomkasi) tersebut menyampaikan, yang terpenting adalah harus terdapat transparansi alur pendanaan, agar kejadian penyalahgunaan dana dapat dihindari dan tidak terulangi. Menurutnya, ketika program perlindungan sosial ini berlanjut, maka akan membantu perputaran roda ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

“Bagi masyarakat yang menerima bantuan agar lebih bijak dalam menggunakan bantuan yang telah disalurkan dalam bentuk uang ataupun yang lain. Hal itu kembali kepada kesadaran masyarakat bahwa program bantuan sosial tersebut bukan untuk orang yang tidak membutuhkan dan tidak main-main,” pesannya.

Mahasiswa FDIKOM, jurusan Kesos, semester tiga, Fachry Akbar menuturkan, dirinya menyambut baik keputusan lanjutnya program perlindungan sosial, terutama bantuan sosial. Namun, harus dipastikan semua program bantuan masyarakat berjalan dengan sebaik-baiknya

“Semoga bantuan sosial yang berlanjut ini berdampak baik bagi masyarakat Indonesia, yang nantinya semakin terjamin dalam segi kebutuhan rumah tangganya, terutama saat kondisi rumit. Kondisi seperti ini memang diharuskan masyarakat menerima bantuan khususnya masyarakat menengah ke bawah,”ujarnya.

Ia berpesan, masyarakat dan pemerintah harus dapat memastikan proses distribusi bantuan berjalan dengan baik dan sesuai regulasi. Selain itu, masyarakat harus menggunakan bantuan yang diberikan sebaik mungkin untuk kebutuhan sehari-harinya. Jangan sampai momen ini dijadikan kesempatan untuk mengambil keuntungan pribadi, yang akan berdampak kebutuhan masyarakat yang membutuhkan tidak terpenuhi.

(Diah Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138