Bahas Persoalan Islam, Disabilitas, dan Perempuan Lewat Bincang Hikmah

Dr. Tantan Hermansah, S.Ag., M.Si., dan Dr. Arief Subhan, MA., saat berdiskusi bersama


Pada Rabu (21/4), Program Studi (Prodi) Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Jakarta bersama Akurat.co, kembali menghadirkan Program Bincang Hikmah dengan mengangkat tema “Islam, Disabilitas, dan Perempuan”. Kegiatan tersebut berlangsung melalui Zoom dan siaran langsung pada kanal YouTube Akurat.co.

Ketua Program Magister KPI, Dr. Tantan Hermansah, S.Ag., M.Si., menyebut, Program Bincang Hikmah yang kembali digelar tersebut terasa spesial, karena bertepatan dengan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April.

“Selain bertepatan dengan Hari Kartini, pembahasan Bincang Hikmah mengenai entitas perempuan ini juga akan dibahas langsung oleh seorang tokoh laki-laki, yaitu Dr. Arief Subhan, MA.,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta, Dr. Arief Subhan, MA., mengatakan, salah satu misi penting dalam Islam adalah menciptakan keadilan kepada seluruh umat, termasuk penyandang disabilitas dan kaum perempuan. Jika dilihat dari aspek pendidikan, sekarang perhatian masyarakat maupun lembaga besar di Indonesia terhadap kaum disabilitas, masih tergolong rendah.

“Hal itu bisa dilihat dari fasilitas-fasilitas khusus yang awalnya ditujukan kepada penyandang disabilitas, namun pada praktiknya, tidak fokus untuk penyandang disabilitas saja. Maka dari itu, fenomena ini harus segera dibenahi dengan memberikan fasilitas kepada penyandang disabilitas sesuai dengan porsinya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, sampai sekarang pun kaum perempuan juga masih sering direndahkan oleh masyarakat, contohnya wanita yang masih dianggap tidak perlu mendapatkan pendidikan tinggi seperti laki-laki. Padahal kenyataannya, wanita bisa saja unggul dalam bidang karir dibandingkan laki-laki. Hanya saja, beberapa pandangan masyarakat masih membatasi pergerakan kaum wanita.

(Vania Febriana Friskandiar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *