Pentingnya Pemilihan Metode yang Tepat dalam Berdakwah

Dr. H. M. Yakub, MA., saat memaparkan materi


Program Studi (Prodi) Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) S2 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Jakarta, bersama Akurat.co kembali hadir dengan program Bincang Hikmah pada Rabu (28/4). Program yang disiarkan melalui Zoom dan kanal YouTube Akurat.co tersebut menghadirkan Dr. H. M. Yakub, MA., sebagai pengisi acara dengan materi bertajuk “Dakwah Gemilang: Dakwah yang Menenangkan”.

Ketua Program Magister KPI UIN Jakarta, Dr. Tantan Hermansah, S.Ag., M.Si., mengatakan, memilih tema dakwah sebagai topik bahasan dirasa penting, karena sekarang kerap ditemukan permasalahan dalam menyampaikan nilai-nilai keislaman terhadap masyarakat.

“Atas permasalahan tersebut, dibutuhkan pendakwah yang tidak memunculkan prespektif kontroversi dan menciderai nilai-nilai Islam. Tantangan terbesar dalam berdakwah ialah bagaimana peran dakwah agar dapat menghasilkan umat Islam yang maju, harmonis, dan dapat menjadi panutan,” ujarnya.

Pakar Sejarah Dakwah sekaligus Guru Besar KPI UIN Jakarta, Dr. H. M. Yakub, MA., menuturkan, misi dakwah rasulullah di zaman dahulu adalah menyampaikan dakwah yang menyenangan dan menenangkan hati. Beliau menceritakan cara dakwah Rasulullah yang dekat dengan para jamaah, terlebih para sahabat.

“Rasul mengedepankan ungkapan yang berbunyi “yassiruu walaa tu’assiruu” yang berarti permudahlah jangan dipersulit, dan ungkapan “basyiruu walaa tunaffiruu” yang berarti berilah kabar gembira, jangan ditakut-takuti. Dengan cara seperti itu, konsep-konsep islami yang rasul berikan, mulai sedikit demi sedikit masuk ke kehidupan para sahabat,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, selain cara-cara tersebut, baginya berdakwah dengan kisah-kisah yang mengguggah, dirasa dapat membuka hati dan pikiran manusia. Perlu diingat, pendakwah sebaiknya tampil bukan menjadi sosok menggurui, melainkan berdialog dua arah, sehingga para jamaah diharapkan bisa memahami dan mengambil inti dari pembahasan.

(Vania Febriana Friskandiar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *