Bahas Teknik Penulisan Esai Bahasa Inggris Bersama STF UIN Jakarta

Staf STF UIN Jakarta, Febria saat webinar berlangsung


Menulis esai menggunakan bahasa Inggris, merupakan tuntutan yang tidak dapat dihindari oleh mahasiswa. Maka dengan tuntutan tersebut, tidak jarang mahasiswa enggan untuk memulai atau melanjutkan tulisannya, karena cemas dengan kesalahan gramatika. Oleh karena itu, pada Kamis (29/4) Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta mengadakan webinar bertajuk Mengurangi Kecemasan Menulis Esai Bahasa Inggris, dengan Teknik Umpan Balik Tertulis Tidak Langsung,”.

Staf STF UIN Jakarta, Febria mengatakan, acara tersebut merupakan ruang berbagi bagi peserta untuk mendapatkan ilmu, maupun informasi yang bermanfaat tanpa batasan ruang kelas dan jurusan.

“Materi ini banyak dibutuhkan oleh mahasiswa yang ingin memulai menulis esainya. Mungkin banyak yang ingin melamar beasiswa ke luar negeri, namun mereka kesulitan dalam menulis esai berbahasa Inggris. Oleh karena itu, materi ini penting untuk dibahas,” ujarnya.

Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegururan (FITK), Septia Tri Gunawan mengatakan, esai adalah sebuah kegiatan untuk menyampaikan ide atau pandangan terhadap suatu isu, ke dalam ragam tulis dengan daya analisis yang tajam.

“Ciri-ciri dari esai yang baik adalah adanya kohesi dan koherensi di dalamnya. Kohesi adalah keserasian struktur dan unsur bahasa, sedangkan koherensi adalah pertalian unsur bahasa agar lebih bermakna,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, saat proses menulis, baiknya menentukan target pembaca dan tujuan dari esai yang ingin ditulis terlebih dahulu. Menurutnya, selain menjadi sumber informasi dan ilmu pengetahuan, menulis esai juga secara tidak langsung melatih sikap disiplin.

(Sastra Yudha)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *