FDIKOM Ajak Mahasiswa Tingkatkan Kompetensi Bacaan Qur’an dan Tulis Arab

Dekan FDIKOM, Suparto. M.Ed., Ph.D., saat mengisi kegiatan


Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Jakarta menyelenggarakan webinar Kebijakan Pola Baca Tulis Al-Quran, yang ditujukan untuk mahasiswa FDIKOM UIN Jakarta. Webinar tersebut digelar secara virtual melalui Zoom, pada Jumat (30/4).

Dekan FDIKOM, Suparto. M.Ed., Ph.D., mengatakan, webinar tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa FDIKOM, dengan aspek bacaan Qur’an dan tulis arab. FDIKOM memiliki kebijakan dengan mewajibkan mahasiswa untuk lulus dalam bacaan Al-Quran dan tulis arab, sebagai pra-syarat ujian proposal.

“Masyarakat memandang FDIKOM adalah fakultas yang akan mengeluarkan dai dan mubalig, sehingga hal ini tentu merupakan tantangan tersendiri bagi FDIKOM jika mahasiswa lulusannya, tidak mengetahui dasar keagamaan dengan mengaji dan tulis arab,” ujarnya.

Wakil Dekan (Wadek) satu bidang Akademik, Siti Napsiyah, S.Ag., MSW., menuturkan, kebijakan pola baca Al-Quran dan tulis arab yang diberikan kepada mahasiswa UIN Jakarta, merupakan kegelisahan para dosen terhadap kondisi kompetensi keahlian dan kemampuan mahasiswa FDIKOM.

“Dalam internal kawasan universitas, ekspektasi dari setiap orang luar menyatakan, FDIKOM memiliki kader-kader unggul terhadap baca tulis Al-Quran, terlebih lulusan UIN Jakarta yang pastinya dinilai bisa mengaji menulis arab, dan menjadi dai. Ekspektasi ini yang menjadikan kita lebih fokus lagi dalam memberikan edukasi baca tulis Al-Quran terhadap mahasiswa,” tuturnya.

(Juva Salma Chotika)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *