Hardiknas 2021: Pentingnya Peran Mahasiswa Wujudkan Merdeka Belajar

Poster Hardiknas 2021


Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) mengusung tema Hardiknas 2021 dengan “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”. Walaupun masih di masa darurat pandemi, adanya Hardiknas harus dijadikan momen untuk tetap membangkitkan semangat belajar.

Sekertaris Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Sahlatul Ula mengatakan, merdeka belajar dalam tema Hardiknas 2021, merupakan program kabinet Kemendikbud-Ristek, yang menekankan kemerdekaan dan keleluasaan lembaga pendidikan dalam mengeksplorisasi secara maksimal kemampuan, kecerdasan, dan potensi peserta dididk, dengan cara fleksibel dan menyenangkan.

“Mahasiswa berperan dalam mewujudkan merdeka belajar dengan cara merasakan kebijakan-kebijakan dari kampus, seperti kebebasan belajar, walaupun secara daring dengan berbagai plus minusnya, lalu dapat merasakan fasilitas yang diberikan, bahkan mengikuti kegiatan kampus dengan maksimal,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, di masa pandemi seperti sekarang, semangat belajar mahasiswa menurun. Akan tetapi, sebagai mahasiswa tentu harus kembali berpikir, walaupun kondisi masih seperti sekarang, adanya teknologi dapat memudahkan pembelajaran, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik.

Wakil Sekertaris Umum Dema FITK, Alika Nuril Huda mengatakan, 2 Mei merupakan Hardiknas yang bertepatan dengan kelahiran Ki Hajar Dewantara, pahlawan pendidikan Indonesia. Maka dari itu, Hardiknas seharusnya menyadarkan masyarakat soal pentingnya pendidikan.

“Para guru pendidik saat ini juga merupakan pahlawan pendidikan yang berjuang untuk menjaga dan mewujudkan cita-cita bangsa, sehingga kita harus bisa membantu dan mendukung pendidikan Indonesia dengan semangat belajar,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, mahasiswa sebagai agent of change harus menjadi motor penggerak perubahan bangsa untuk masa depan yang lebih baik, termasuk dalam bidang pendidikan. Karena beberapa tahun kedepan, mahasiswa yang akan mengambil peran sebagai pemimpin negeri.

(Delima Luzen Ahmad)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *