Kenali Kemampuan Diri dalam Raih Karir di Masa Depan

Narasumber acara, Flavia Sungkit, M.Psi., saat mengisi webinar


Pada Sabtu (8/5), AIESEC UIN Jakarta menggelar webinar bertajuk “Discover and Beyond: Navigating Yourself to Future Career Fulfillment”. Agenda tersebut disiarkan langsung di kanal resmi YouTube AIESEC dan Zoom yang dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah.

Narasumber acara, Flavia Norpina Sungkit, M. Psi., menuturkan, salah satu kemampuan yang penting di era sekarang adalah empati dan kemanusiaan. Menurutnya, kemampuan akan datang apabila diikuti aksi, karena jika hanya kemampuan saja yang dimiliki, hal tersebut belum tentu dibutuhkan.

“Agar dapat menentukan karir dengan tepat, maka harus mengetahui bidang yang disukai, seberapa baik kemampuan di bidang tersebut, apakah bidang tersebut sudah menjadi profesi, dan apa dampak yang ditimbulkan,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, jika ingin merasakan kenyamanan atas karir yang dijalani, maka harus dimulai dengan langkah kecil. Bahagia dari aktivitas sederhana, menguasai diri secara tepat, menerima dan mengoptimalkan diri.

Narasumber acara, Ilham Maulana mengatakan, dalam berkarir perlu adanya self confidence dan self esteem, yaitu rasa percaya diri atas kemampuan yang dimiliki, dan yakin jika diri berharga, karena kedua hal tersebut dapat memotivasi diri saat bekerja.

Ketua Umum AIESEC UIN Jakarta, Salsabila Ramadhina mengatakan, digelarnya webinar tersebut merupakan suatu wadah bagi pemuda untuk mempersiapkan karirnya di masa depan. Salsabila mengungkapkan, masa depan juga ditentukan oleh jalan yang diambil sekarang.

“Sebagai organisasi kepemimpinan pemuda internasional, saya harap AIESEC dapat memberikan manfaat dan dampak yang jelas bagi masyarakat. Selain itu, melalui acara ini diharapkan peserta dapat beraksi dengan mengambil kesempatan untuk pemenuhan karir,” ujarnya.

(Subandi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *