Tingkatkan Kemampuan Menulis, News Department RDK FM Gelar Pelatihan Jurnalistik

Suasana saat materi dipaparkan oleh pemateri, Shelbi Asrianti S.I.Kom.


Pengembangan dalam bidang kepenulisan merupakan hal yang perlu dilakukan bagi para jurnalis, reporter, maupun mahasiswa untuk menggali kemampuannya, termasuk Radio Dakwah dan Komunikasi (RDK) FM. Divisi News RDK FM mengadakan pelatihan bagi reporter sebagai ajang pelaksanaan program kerja dan pengembangan kemampuan menulis, pada Sabtu (8/5), melalui Zoom. Pelatihan tersebut khusus membahas penulisan lead berita dengan bertemakan “Cool Lead Never Failed”.

Pemateri pelatihan, Shelbi Asrianti S.I.Kom., yang juga merupakan Jurnalis Republika tersebut menyampaikan, tugas wartawan adalah meliput dan menulis laporan berita. Dalam melakukannya, tentu ada tahapan yang perlu dilakukan, seperti mencari topik peliputan dan sumber berita, wawancara observasi dokumentasi, mencatat hal penting, dan menulis berita.

“Langkah pertama yang harus reporter lakukan ketika memasuki dunia kewartawanan adalah membangun jejaring dengan media lain atau wartawan lain, guna mengembangkan relasi. Tujuannya untuk mempermudah seorang reporter mencari calon narasumbernya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, ada berbagai macam jenis lead dalam penulisan berita. Ada Lead Ringkasan, yaitu kesimpulan isi berita. Lead 5W+1H, berisi unsur 5W+1H untuk menarik pembaca. Lead Kontras, isinya menggunakan dua unsur berlawanan sebagai perbandingan. Selain itu, ada juga jenis lain seperti Lead Menjerit, Lead Pertanyaan, serta Lead Epigram.

Pemimpin Redaksi (Pimred) Divisi News RDK FM, Rizka Salim mengungkapkan, penguasaan dalam menulis lead pada berita adalah hal yang penting, karena lead berita yang baik dan menarik menjadi penentu seseorang untuk terus membaca berita tersebut hingga selesai.

“Tujuan diadakanya acara pelatihan ini adalah untuk memberikan wawasan tentang kepenulisan berita yang baik dan menarik untuk dibaca kepada para reporter, sehingga kedepannya menjadi lebih baik,” ujarnya.

(Sastra Yudha)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *