Dema UIN Jakarta Gelar Webinar Bahas Optimisme Pendidikan Saat Pandemi

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta, Dr. Arief Subhan, MA.,


Satu tahun mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), menjadi tantangan baru bagi pendidikan Indonesia yang harus diselesaikan. Berkaitan dengan hal tersebut, pada Minggu (9/5), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Jakarta menggelar webinar bertema “1 Tahun Covid-19 Refleksi dan Optimisme Pendidikan di Masa Pandemi”.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid menyampaikan, membahas tentang peringatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), tentu tidak terlepas dari peran Ki Hajar Dewantara.

“Peringatan hardiknas 2021 dirayakan dengan tema Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar yang merupakan salah satu ungkapan dari Ki Hajar Dewantara. Ada beberapa ungkapan populer yang juga dapat dipakai untuk Hardiknas selanjutnya, seperti ing ngarsa sung tulada, madya mangun karsa, tut wuri handayani,” ujarnya

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta, Dr. Arief Subhan, MA., menilai, tema yang diusung dalam webinar tersebut menarik karena sesuai dengan situasi sekarang. Dirinya pun memberi apresiasi kepada panitia penyelenggara.

“Pandemi yang telah terjadi selama satu tahun, membentuk ulang pola pendidikan yang ada di Indonesia. Salah satunya, cara belajar yang dilakukan secara online seperti absensi pelajar yang dilakukan melalui video virtual,” ungkapnya

Dirinya menambahkan, peranan teknologi di era sekarang, merupakan hal yang penting. Hal tersebut terbukti dengan adanya pergeseran ruang sekolah, menjadi layar virtual. Sehingga tidak aneh, jika dunia pendidikan di masa depan terdapat berbagai macam cara mendidik pelajar.

(Sastra Yudha)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *