Kebal dari Sakit Saat Terluka, Kenali Riley Day Syndrome dan Gejalanya

Ilustrasi pengidap riley day syndrome. Sumber foto: idntimes.com


Balamuda tahu gak sih, ada kelainan unik yang dimiliki manusia lho! Pasalnya kelainan tersebut membuat manusia tidak bisa merasakan sakit ketika terluka atau dapat dikatakan kebal rasa. Wah, keren banget ya seperti punya kekuatan super. Namun, dalam dunia medis kondisi tersebut dinamakan riley day syndrome. Kira-kira Balamuda sudah tahu belum tentang riley day syndrome.

Sebenernya apa sih riley day syndrome?

Melansir dari halodoc, riley day syndrome adalah keadaan mutasi genetic turunan, yang memengaruhi sistem saraf yang ada di dalam tubuh manusia. Hal tersebut menyebabkan gangguan pada sistem saraf otonom penghubung otak, dan sumsum tulang belakang pada otot, serta sel pendeteksi sensasi penginderaan, sehingga tubuh penderitanya tidak bisa mengenali sentuhan, bau, dan rasa sakit.

Melansir dari idntimes.com, fakta menarik dari riley day syndrome pertama, penderita riley day syndrome sulit untuk menangis, karena mengalami gejala mata kering yang membuat produksi air mata sedikit. Proses lakrimasi yang biasanya terjadi pada mata, tidak terjadi pada penderita riley day syndrome.

Kedua, fungsi ginjal penderita riley day syndrome berangsur memburuk, sehingga penderita akan mengalami penyakit ginjal tahap akhir. Ketiga, penderita riley day syndrome cenderung sulit untuk menjaga keseimbangan ketika berjalan. Mereka kesusahan melakukan gerakan cepat dan mengatur keseimbangan saat mengubah arah atau berbelok.

Sayangnya riley day syndrome tidak bisa disembuhkan nih Balamuda. Penderitanya hanya dapat meredakan gejala dengan mengonsumsi obat pencegah kejang, mengontrol muntah, tekanan darah, sekresi air mata, dan fungsi kandung kemih.

Kalo diliat-liat keren juga ya, orang yang memiliki riley day syndrome, tidak perlu khawatir kalau dicubit temen, karena tidak merasa sakit. Namun, gejala-gejalanya cukup berisiko juga ya Balamuda. Jangan lupa jaga kesehatan!

(Subandi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *