Kenali Istilah Pendakian Sebelum Mulai Mendaki Gunung

Pendaki Gunung yang sedang melintasi jalur tracking. Sumber foto: traveling.com


Hai Balamuda, mendaki gunung masih menjadi olahraga yang banyak digemari lho di masyarakat. Faktanya pendakian pertama kali dilakukan oleh Antoine de Ville di gunung Aiguille pada tahun 1492. Saat itu Antoine diperintah Charles VIII, untuk mengukur skala gunung tersebut. Dikarenakan saat itu masih kental dengan unsur keagamaan, Antoine berharap dapat menemukan para dewa saat mencapai puncak.

Kalau Antoine mau ketemu dewa di puncak gunung, Balamuda maunya ketemu siapa nih kalau punya kesempatan mendaki gunung? Eits tetapi, sebelum mendaki gunung, Balamuda perlu tahu istilah-istilah saat mendaki gunung.

Hiking dan Tracking

Mengutip dari Kompas.com, istilah hiking memiliki arti berjalan kaki di alam bebas. Namun, sering kali pendaki mengartikannya dengan kegiatan mendaki gunung. Padahal jika Balamuda sedang berjalan menuju air terjun, itu sudah disebut hiking.

Tracking memiliki arti yang hampir sama dengan hiking, yaitu berjalan panjang dengan menggunakan kaki saat mendaki gunung, tetapi biasanya istilah ini digunakan saat membahas perjalanan dari pos satu ke pos yang lain.

Shelter dan Pos

Sama-sama tempat singgah, yang membedakan shelter dengan pos. Shelter adalah tempat singgah yang bisa dibuat untuk bermalam oleh para pendaki gunung. Biasanya shelter cenderung luas dan memiliki sumber mata air. Sedangkan pos adalah suatu istilah yang memiliki arti tempat singgah sementara. Pos juga menjadi tanda jarak sebelum mencapai puncak, dan sebagai penitipan barang agar mendaki lebih mudah.

Ranger

Ranger adalah penjaga taman nasional gunung yang sedang didaki. Tugas ranger adalah menjaga hutan, merangkum laporan pendaki dan memberikan informasi penting saat berada di gunung.

Leader dan Sweeper

Dua istilah ini sering digunakan oleh pendaki yang berkelompok. Ketika kelompok melakukan tracking, posisi leader ada di paling depan dan bertugas membuka jalan. Posisi leader biasanya diisi oleh anggota yang paling berpengalaman. Berbeda dengan sweeper, ketika melakukan tracking posisi sweeper berada paling belakang, dan tugasnya adalah mengamankan anggota kelompok.

Nah Balamuda, sekarang jadi tahukan istilah-istilah pendakian. Buat Balamuda yang masih baru atau pemula, coba cari gunung yang jalur pendakiannya lebih mudah, agar ada pengalaman sebelum coba jalur yang lebih menantang. Kira-kira Balamuda udah ada rencana mau mendaki gunung apa nih?

(Sastra Yudha)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *