Masih Zaman Bayar Tunai? Kenali Keuntungan dan Kekurangan Cashless

Ilustrasi cashless. Sumber foto: goodnewsfromindonesia.id


Balamuda termasuk tim bayar tunai atau non tunai nih kalau belanja. Hidup di arus gobalisasi, masyarakat dikenalkan dengan era cashless societ, yaitu pembayaran non tunai yang menggunakan kartu debit atau electronic money (uang elektronik). Sudah cukup familier dengan berbagai aplikasi uang elektronik. Selain memudahkan pembayaran non tunai, biasanya mereka akan menawarkan berbagai promo seperti gratis ongkos kirim (ongkir), dan cashback.

Melansir dari cermati.com, ada berbagai keuntungan yang bisa Balamuda dapat saat menggunakan cashless.

Hemat waktu dan praktis

Dengan mengunakan kartu debit dan uang elektronik, Balamuda tidak perlu kerepotan untuk membawa uang tunai. Apa lagi jika Balamuda ingin melakukan transaksi dengan jumlah yang banyak.

Meminimalisir tindakan kriminal

Kejahatan masih mengintai kita di manapun dan kapanpun. Terlebih Balamuda yang sering beraktivitas di luar rumah dan mengunakan transportasi umum. Tentu saja kartu debit dan uang elektronik menjadi solusi untuk Balamuda yang lebih banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

Tak perlu antre lama

Kelebihan dari uang elektronik adalah pengunaannya yang efisen sehingga tidak perlu mengantre lebih lama ketika melakukan transaksi apapun.

Banyak promo

Balamuda yang pecinta promo, pas banget nih yang menggunakan uang elektronik, karena biasanya mereka sering melakukan kerja sama dengan berbagai vendor, seperti restoran, coffeshop, supermarket, dan brand yang menggunakan pembayaran dengan platform tersebut.

Melansir dari fast.pay.co.id, dibalik banyak keuntungan dari cashless, ternyata ada beberapa kekurangannya juga lho.

Lebih konsumtif

Menggunakan kartu debit dan uang elektronik juga sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif manusia. Seperti ketika banyak sekali penawaran harga produk yang lebih murah, atau beli satu gratis satu. Tak jarang seseorang akan mudah tergiur pengeluaran menjadi tidak terkontrol. Bahaya nih kalau belum sampai akhir bulan uang jajan habis duluan.

Rentan cyber crime

Memiliki uang elektronik tentu lebih memudahkan dalam melakukan transaksi. Namun, Balamuda juga harus tau kalau uang elektronik lebih rentan terhadap aksi cyber crime yang dapat meretas kapan saja.

Lebih boros

Meskipun menggunakan cashless seperti tidak memegang uang, justru hal tersebut memicu seseorang akan belanja berlebihan, sehingga menyebabkan perilaku boros. Terlebih jika ada barang yang dijual dengan harga murah, meskipun sebenarnya tidak butuh-butuh sekali.

Nah Balamuda, dari keuntungan dan kekurangan cashless, sekarang tinggal bagaimana seseorang dapat mengontrol pengeluarannya. Balamuda tidak akan menjadi boros kok dengan menggunakan cashless, yang penting harus cermat dan bijaksana saat berbelanja.

(Juva Salma Chotika)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *