Sasar Hingga Pelosok Daerah, Pemerintah Luncurkan Program Literasi Digital

Menteri Kominfo RI, Johnny G. Plate saat mengisi acara


Pemerintah terus berupaya menjadikan masyarakat Indonesia semakin cakap akan digitalisasi. Maka, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate mengumumkan Peluncuran Program Literasi Digital secara virtual melalui Zoom, kanal YouTube Kominfo TV, dan disiarkan serentak di 16 stasiun televisi pada Kamis (20/5). Target dari program tersebut akan menjangkau seluruh masyarakat hingga pelosok Indonesia.

Presiden RI, Joko Widodo menuturkan, tantangan di ruang digital kian pesat dan konten negatif pun terus bermunculan, sehingga kejahatan di ruang digital perlu diwaspadai. Hal tersebut tentunya dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Literasi digital adalah kerja besar, sehingga perlu dukungan komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek akan digital. Saya harap gerakan ini akan menghasilkan suatu yang besar, serta bisa mendorong berbagai inisiatif agar masyarakat makin cakap internet untuk kegiatan edukatif dan produktif,” tuturnya.

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate mengungkapkan, program tersebut merupakan tindak lanjut dari transformasi percepatan digital nasional, khususnya dalam pengembangan manusia digital.

“Program literasi adalah sebuah keharusan di tengah intensifnya penggunaan internet oleh masyarakat. Atas dasar tersebut, pemerintah terus memastikan setiap tahunnya akan menjangkau 12,4 juta partispan pelatihan di 514 kabupaten dan 34 provinsi,” ungkapnya.

Dirinya berharap, 50 juta masyarakat Indonesia akan terliterasi secara digital sampai 2024 dan semoga hal tersebut terus meningkat di periode pemerintahan berikutnya menjadi 100 juta partisipan.

(Luya Alawiya)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *