Efektif Lawan Covid-19, Penggunaan Vaksin AstraZeneca Dilanjutkan

Vaksin AstraZeneca. Sumber foto: cnnindonesia.com


Penggunaan vaksin astrazeneca dalam mengatasi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) kembali dilanjutkan karena efektif melawan Covid-19. Sebelumnya, penggunaan vaksin AstraZeneca sempat dihentikan karena diduga timbulkan efek berbahaya. Namun hasil studi terbaru Public Health England (PHE) menunjukkan, dua dosis vaksin AstraZeneca terbukti lebih dari 60 persen efektif mengurangi gejala dari Covid-19 B.1.1.7.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), R. Muhammad Fachri Fachrezi menuturkan, selama pemerintah telah melakukan uji klinis pada vaksin tersebut, maka tidak jadi masalah penggunaannya dilanjutkan. Namun, pengawasan kondisi pasien harus tetap diperhatikan.

“Sebagai masyarakat, sudah menjadi keharusan mengikuti arahan pemerintah, lantaran dipastikan untuk kebaikan bersama. Namun proses vaksinasi harus lebih diperhatikan, karena masih terdapat kasus salah sasaran, padahal pihak yang diutamakan lebih dahulu adalah lansia dibandingkan anak muda,” tuturnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), semester empat, Ahmad Ripai mengatakan, vaksin AstraZeneca telah melalui proses yang panjang sebelum digunakan, sehingga hasilnya efektif dan penggunaannya pantas dilanjutkan.

“Boleh saja masyarakat memilih jenis vaksin yang akan disuntikan, lantaran berkaitan dengan kesehatan pribadi. Akan tetapi, apabila masyarakat percaya pada tenaga medis, hal tersebut tidak perlu dilakukan, karena vaksin apapun yang diberikan oleh tenaga medis adalah yang terbaik,” pungkasnya.

(Subandi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *