BEM FEB UI Gelar NFF Ke-15 Secara Virtual

Ketua BEM FEB UI, Satya Rifansyah Batubara, saat memberikan sambutan


Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) menggelar National Folklore Festival (NFF) ke-15 secara virtual, pada Kamis (27/5). Untuk memeriahkan acara, festival tersebut juga mengadakan lomba tari tradisional dan paduan suara, yang dibagi menjadi beberapa kategori.

Perwakilan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) FEB UI, Dr. Irfani Fithria Ummul Muzayanah, S.E., M.S.E., mengatakan, tema yang diusung adalah Sadhana Cintantya, artinya harta indah yang berharga. Menurutnya, keberagaman Indonesia merupakan harta yang berharga dan harus selalu dijaga.

“Sudah menjadi tugas bersama untuk terus berusaha menyelaraskan arus modernisasi dengan nilai-nilai luhur budaya yang dimiliki. Kita harus bangga menjadi bagian dari Indonesia, serta selalu menegakkan kepala dan tersenyum dalam memperkenalkan kekayaan budaya bangsa. Jangan sampai terbawa arus dan meninggalkan warisan budaya,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan tersebut juga menjadi ajang pembuktian, generasi muda sekarang tidak hanya penerus yang mudah terbawa arus budaya asing, masih banyak generasi muda yang peduli, serta bertekad melestarikan budaya dan kekayaan Indonesia.

Ketua BEM FEB UI, Satya Rifansyah Batubara menuturkan, mengadakan acara di kala pandemi yang masih berlangsung tentunya sulit, dikarenakan adanya tuntutan untuk menyelenggarakan acara dengan ide dan konsep yang fresh.

“NFF adalah salah satu program kerja unggulan yang dinaungi departemen apresiasi seni dan budaya. NFF juga merupakan bentuk apresiasi dan kontribusi dalam melestarikan, dan menjunjung tinggi budaya tradisional di tanah air, dengan semangat anak muda cinta budaya,” ungkapnya.

Project Officer, Febrian Dwi Christian mengatakan, NFF 2021 harus dilakukan secara virtual untuk mengurangi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Meskipun dilakukan secara virtual, dirinya berharap hal tersebut tidak mengurangi antusiasme untuk mengapresiasi dan menyebarkan seni budaya Indonesia.

(Subandi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *