Pentingnya Junjung Kesantunan dalam Berbahasa

Dosen FITK UIN Jakarta, Dr. Ahmad Royani, S.Ag., M.Hum., saat menjelaskan materi


Kesantunan berbahasa merupakan tata cara sikap yang disepakati oleh suatu masyarakat, sebagai aturan perilaku sosial. Di era sekarang, kesantunan berbahasa sudah berkurang di masyarakat dan berganti dengan bahasa yang kurang layak untuk digunakan. Berkaitan dengan hal tersebut, Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta menggelar webinar bertajuk Bahasa dan Kesantunan pada Kamis (27/5).

Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Dr. Ahmad Royani, S.Ag., M.Hum., mengatakan, bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, serta digunakan oleh para anggota kelompok sosial untuk bekerjasama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri.

“Kesantunan tidak merujuk pada aspek berbahasa saja, tetapi juga aspek nonverbal seperti tingkah laku, gestur, mimik wajah, dan nada suara. Kesantunan berbahasa adalah suatu hal yang penting dilakukan, karena bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dalam berkomunkasi,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, dalam berkomunikasi terdapat dua kaidah progmatik yang penting, yaitu make yourself dan be polite. Selain itu, ada tiga skala yang perlu dipertimbangkan untuk menilai derajat kesopansantunan suatu ucapan, antara lain, skala biaya dan keuntungan, opsional, serta ketidaklangsungan.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), jurusan Sosiologi, semester dua, Sholikul Wahyu mengatakan, berbahasa merupakan cara untuk berkomunikasi. Secara tidak langsung, ketika seseorang sedang berkomunikasi, dirinya akan menggambarkan kapasitas atau kemampuannya dalam berpikir, sehingga penting untuk berhati-hati dalam berbahasa.

“Mengutip dari peribahasa, lidahmu adalah harimaumu. Pada masa ini, Undang-Undang (UU) sudah mengatur semuanya, sehingga menjaga sikap agar tidak menulis dan mengucapkan sesuatu yang dapat merugikan diri sendiri, merupakan hal yang baik untuk dilakukan,” pungkasnya.

(Sastra Yudha)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *