Bincang Hikmah: Lihat Kondisi Islam di Turki Secara Objektif

Dosen FDIKOM UIN Jakarta, Deden Mauli Darajat, S.Sos.I., M.Sc., saat mengisi acara


Pada Jumat (28/5), Akurat.co bekerja sama dengan Program Studi (Prodi) Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Jakarta, menyelenggarakan Bincang Hikmah bertemakan “Islam di Turki”, secara virtual melalui Zoom dan siaran langsung YouTube.

Dosen FDIKOM, Deden Mauli Darajat, S.Sos.I., M.Sc., mengatakan, Turki telah menjadi negara yang kembali kepada peradaban Islam. Walaupun negara tersebut sudah modern dan menerapkan paham sekularisme, namun cahaya keislaman akan tampak di Turki.

“Hal tersebut telah terlihat dari peradaban yang kerap dilupakan, tetapi kini dibutuhkan lagi. Salah satu contohnya adalah Hagia Sophia yang tadinya gereja, berubah menjadi masjid, kemudian museum, dan kini kembali menjadi masjid,” jelasnya.

Ketua Program Magister KPI, Dr. Tantan Hermansah, S.Ag., M.Si., mengatakan, kondisi Islam di Turki diharapkan dapat dilihat dengan cara pandang yang objektif dan kritis, karena manusia tidak bisa memandang sesuatu dengan cara pandang yang menduga-duga.

“Masyarakat indonesia diharapkan untuk tidak terlalu memuja pemimpin yang kemungkinan belum cocok dengan sistem negara Indonesia. Namun, tidak dapat disalahkan jika ada sebagian orang yang masih mengagungkan pemimpin Turki. Karena dalam orientasi politik, sekarang Turki merupakan negara yang memiliki pemimpin Islam yang kuat,” pungkasnya.

(Delima Luzen Ahmad)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *