Pahami Persoalan Perbankan Syariah Berbasis Maqashid Syariah

Kepala Program Studi (Kaprodi) Doktor Perbankan Syariah, Prof. Dr. Euis Amalia., M.Ag., saat mengisi acara


Pada Kamis (5/8), Program Studi (Prodi) Doktor Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UIN Jakarta, menggelar Seminar Nasional melalui Zoom, bertajuk “Analisis Faktor Dispute Pembiayaan Perbankan Syariah dan Strategi Formulasi Pembiayaan Berbasis Maqashid Syariah”.

Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung, Dr. H. Amran Suadi, SH, M.Hum., MM., menuturkan, kewenangan peradilan agama terhadap perbankan syariah, meliputi berbagai masalah pembiayaan. Oleh karenanya, menyelesaikan sengketa pembiayaan perbankan syariah, menjadi kewenangan pengadilan agama.

“Berdasarkan perbankan syariah, terdapat prinsip bagi hasil dan risiko, transaksi, nilai etika dan keadilan sosial, serta aktivitas dan elemen terlarang. Maka, prinsip ekonomi syariah yang harus menjadi perhatian adalah keadilan, kebaikan, tanggung jawab, kecukupan, keseimbangan, kejujuran, dan kemanfaatan, yang sejalan dengan maqashid syariah,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, penyelesaian sengketa pembiayaan perbankan syariah dapat dilakukan dengan dua jalur. Pertama, tanpa pengadilan seperti arbitrase, Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS), serta renegosiasi. Kedua, pengadilan, seperti gugatan biasa, sederhana, atau Permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Kepala Program Studi (Kaprodi) Doktor Perbankan Syariah, Prof. Dr. Euis Amalia., M.Ag., mengatakan, tema pada seminar tersebut diangkat sebagai bentuk respon dari masalah pada perbankan syariah, yang muncul karena adanya perbedaan antara pihak perbankan syariah dan pihak nasabah.

“Diselenggarakannya seminar ini, bertujuan untuk mengkaji suatu hal secara akademik, sehingga tidak terjebak secara emosional dan tidak saling menuduh satu sama lain. Maka dari itu, perlu dilakukan pembahasan dengan pendekatan ilmiah dari sisi ekonomi dan syariah,” ujarnya.

(Sastra Yudha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *