Peran Mahasiswa Dukung Program Vaksinasi Guna Hadapi Covid-19

Vaksinasi Covid-19. Sumber foto: dailysabah.com


Di masa pandemi, banyak kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, guna melawan wabah Covid-19. Mahasiswa sebagai agent of change, juga turut membantu pemerintah dalam melakukan kebijakan-kebijakan tersebut. Kini, banyak universitas di Indonesia yang telah melakukan program vaksinasi terhadap civitas akademiknya masing-masing.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (Fitk), jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), semester delapan, Sri Endang Astuti mengatakan, mahasiswa memiliki akses untuk memilah informasi penting. Kelebihan yang dimiliki tersebut, menjadikan mahasiswa selangkah di depan masyarakat awam dalam mendukung vaksinasi.

“Dengan melakukan vaksin, maka secara perlahan kasus positif Covid-19 akan berkurang dan hilang. Meski begitu, selama pandemi, Protokol Kesehatan (Prokes) harus tetap dipatuhi, dan selalu memperbaharui perkembangan informasi yang ada, serta pintar memilih informasi yang berkembang di sekitar,” ujarnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) jurusan Jurnalistik, semester lima, Zahra Zakiyah mengatakan, di masa pandemi, sudah selayaknya mahasiswa memberi contoh yang baik bagi masyarakat. Wajib vaksin adalah kebijakan yang bagus, karena secara tidak langsung dapat ikut serta dalam perjuangan melawan Covid-19.

“Dampak dari Covid-19 tidak sekadar menyerang kesehatan diri saja, namun juga berdampak di berbagai aspek, salah satunya ekonomi. Maka dari itu, vaksinasi merupakan salah satu hal yang benar untuk dilakukan,” pungkasnya.

(Sastra Yudha)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *