Bahas Pembangunan Nasional dan Urgensi Ekosistem Lingkungan Bersama APSI

Dekan FDIKOM, Suparto., M.Ed., Ph.D., saat mengisi acara


Pada Jumat (27/8), Asosiasi Pembangunan Sosial Indonesia (APSI) menggelar Kongres III dan Konferensi dengan tema bertajuk “Kontribusi Pembangunan Sosial dalam Restorasi Ekosistem Berkelanjutan”. Acara tersebut berlangsung secara virtual melalui Zoom dan kanal YouTube, dengan diisi oleh beberapa perguruan tinggi, termasuk UIN Jakarta.

Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), Suparto., M.Ed., Ph.D., menyampaikan, jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) FDIKOM memiliki rangkaian yang sama mengenai APSI, yaitu mengevaluasi pembangunan sosial dan ekosistem ekologi, dengan dilandaskan surat Ar-Rum ayat 41.

“Tema acara ini menjadi begitu penting untuk merefatilisasikan kegunaan alam, yang dapat disumbangkan dengan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, hal ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait ekosistem lingkungan di mana pun berada, yang dapat disiapkan oleh para generasi penegak keindahan alam semesta,” ujarnya.

Ketua Umum APSI, Prof. Janianto Dinamik, M.Si., mengatakan, APSI merupakan bagian dari usaha untuk mengawali keorganisasian menuju fase yang lebih kuat dan berkembang, serta memberikan hasil yang positif untuk bangsa dan negeri.

“Asosiasi ini merupakan salah satu organisasi intelektual, sekaligus embrio APSI yang semakin tertantang dengan menunjukkan eksistensi, baik dalam memadukan institusi pendidikan seperti Program Studi (Prodi) dalam APSI, dengan penemuan model-model inovasi maupun peningkatan komunitas yang berkeadilan sosial,” pungkasnya.

(Juva Salma Chotika)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *