Kemenkes Luncurkan Data Testing dan Tracing Tingkat Kabupaten

Juru bicara Covid-19, Siti Nadia Tirmidzi. Sumber foto: liputan6.com


Kementerian Kesehatan (Kemenkes) luncurkan data jumlah testing Covid-19 dan pelacakan kontak erat atau tracing, pada tingkat kabupaten. Hal tersebut diungkapkan juru bicara Covid-19, Siti Nadia Tirmidzi, dalam laman resmi Kemenkes, Jumat (27/8). Hal tersebut dilakukan, guna mengetahui secara pasti perkembangan kasus Covid-19 secara utuh, serta meningkatkan ketepatan dalam hal pengendaliannya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Manajemen Dakwah (MD), Dwi Apriyanti menyatakan data testing merupakan langkah baik yang dilakukan Kemenkes. Dengan begitu, gambaran nyata pada masyarakat mengenai perkembangan Covid-19 dapat diberikan.

“Bukan hanya gambaran nyata yang dapat dirasakan masyarakat, tetapi hal tersebut juga dapat dijadikan titik keluar untuk menanggulangi penyebaran berita hoaks yang selalu menyebar di tengah masyarakat,” ujarnya.

Anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Khalilah Indriani menyampaikan, inovasi yang diluncurkan Kemenkes merupakan hal baik, sehingga menuai transparansi baru mengenai perkembangan Covid-19. Akan tetapi, evaluasi untuk kembali mengembangkan laman tersebut juga perlu dilakukan.

“Semisal saat ini hanya dipublikasikan melalui laman web Covid-19, mungkin untuk perkembangan selanjutnya dapat diakses melalui surat kabar lainnya, seperti radio, koran, dan teknologi serupa. Dengan demikian, laporan data yang diberikan dapat diketahui seluruh masyarakat, khususnya di daerah pedalaman,” pungkasnya.

(Juva Salma Chotika)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *