Kenali Dunia Copywriting dan Content Writing Bersama LPM Institut

Narasumber acara, Dika Irawan saat mengisi acara


Sebagai instansi yang berkutik di bidang kepenulisan, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Institut UIN Jakarta menggelar Lokakarya dengan mengusung tema “Strategi Mengubah Ide Menjadi Tulisan”. Agenda tersebut digelar secara daring dan berlangsung selama tiga hari, yaitu pada 28 hingga 30 Agustus dengan membahas perihal content writing dan copywriting.

Narasumber acara, Dika Irawan menuturkan, menulis adalah pekerjaan yang tidak bisa dipandang sebelah mata, dengan tulisan pesan yang ingin disampaikan menjadi lebih kuat dan dapat dimengerti, serta memberikan manfaat pada orang lain.

“Terdapat beberapa gaya dalam kepenulisan yang dapat diaplikasikan oleh content writer, yaitu ekspositori, persuasi, dan naratif. Ekspositori adalah gaya kepenulisan yang bersifat menyampaikan atau menjelaskan. Lalu persuasi, bersifat mengajak atau membujuk, sedangkan naratif, gaya yang berkaitan dengan cerita,” tuturnya.

Narasumber acara, Khalisotussurur mengungkapkan, copywriting cenderung ke arah metode pemasaran, pengaruh pasar, dan action. Sedangkan content writing, lebih mengarah pada konteks yang lebih luas, kritik human interest, dan informatif.

“Hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis copywriting adalah mengenali produk, pembaca, empati dengan masalah pembaca, peka terhadap kebutuhan pembaca, serta menjadi solusi masalah,” ujarnya.

(Subandi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *