Tidak Selalu Negatif, Ketahui Berbagai Manfaat dalam Bermain Game – RDK FM UIN JAKARTA

Tidak Selalu Negatif, Ketahui Berbagai Manfaat dalam Bermain Game

Ilustrasi seseorang yang sedang bermain game. Sumber foto: techadvisor.com


Halo Balamuda! Kini telah banyak berbagai hobi yang dijadikan sebagai hiburan di tengah aktivitas yang dilakukan, termasuk nge-game. Namun, asumsi masyarakat kepada para gamers amatiran nih selalu dianggap kearah hal yang tidak penting, kurang kerjaan, dan lainnya.

Nah, perlu diketahui, ada sisi lain yang dapat dibanggakan loh dengan menjadi seorang gamers dan yang terpenting bisa membungkam asumsi orang-orang soal nge-game yang juga merupakan kegiatan produktif!

  1. Lancar Public Speaking

Disaat sedang main bersama teman-teman, pasti tanpa disadari percakapan-percakapan sering terucap disana. Mulai dari menjelaskan strategi permainan, kordinasi posisi lawan, dan lain sebagainya. Nah, semakin sering nge-game, maka semakin bagus juga tingkat public speaking Balamuda!

  1. Menambah Kecerdasan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Inovatif

Nah Balamuda, tanpa disadari setiap melewati stage, level, atau musuh sekalipun, pastinya kelemahan dan kelebihannya akan dianalisis. Setelah berhasil menganalisisnya, maka diperlukan cara untuk melewati dan mengalahkannya, serta menyelesaikannya. Semua hal tersebut pastinya akan menambah kecerdasan dalam berpikir kritis, kreatif, dan inovatif lho.

  1. Meningkatkan Relasi

Sama halnya dengan media sosial, dunia game juga memiliki fitur pengikut, berteman, atau tambah, sehingga para gamers memiliki hubungan teman yang sangat luas, mulai dari luar daerah, kota, provinsi, atau bahkan antar negara. Jadi, buang jauh-jauh asumsi para gamers cenderung anak pendiam yang tidak memiliki teman ya Balamuda!

  1. Melatih Emosional

Dalam dunia gamers, emosional adalah hal yang biasa terjadi. Hal ini disebabkan karena hasil dari game yang diperoleh saat dimainkan. Sebagai contoh, gamers yang mendapatkan hasil kalah, pasti akan merasa marah, kesal. Berbeda jika menang, pastinya akan senang dan gembira. Maka, hal-hal seperti itulah yang membuat gamer selalu berusaha melatih emosional dalam diri masing-masing.

  1. Melatih Kemampuan Bahasa

Nah Balamuda, sudah cukup diakui bahasa asing saat ini diperlukan oleh dunia luar, dan cukup mahal untuk kursus privat bahasa asing seorang diri. Namun, jangan khawatir, sebetulnya ini sudah menjadi hal yang lumrah, karena dalam game terdapat fitur deteksi bahasa dan kemudian bahasanya pun juga dapat dipilih. Tujuannya sederhana, kemampuan bahasa asing dapat dipelajari dan dilatih lewat game tersebut.

  1. Mengasilkan Uang

Bermain game dapat menghasilkan uang? Tentu lho Balamuda! Saat ini sudah banyak gamers handal yang menjadi kaya raya hanya lewat game, seperti hal nya RRQ Lemon, Evos Jess No Limit, Windah Basudara, Reza Oktovian dan lainnya. Namun, satu hal yang paling penting dalam mencapainya, yaitu perbanyak latihan, kuasai, dan taklukkan, karena semua butuh waktu dan proses.

Nah Balamuda, itulah beberapa manfaat yang didapatkan dalam bermain game. Jadi, tidak hanya hal negatif saja yang timbul dari bermain game, tetapi tetap ada manfaat yang dihasilkan bagi diri sendiri. Maka dari itu, yuk, Balamuda, jadikan hobi sebagai tempat hiburan sekaligus produktivitas masing-masing ya!

(Hafidz Ramadhan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138