LP2M Gelar Akselerasi Guru Besar UIN Jakarta

Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, M.A., saat mengisi acara


Pada Selasa (21/9), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Jakarta menggelar Akselerasi Guru Besar UIN Jakarta dengan mengusung tema “The Long Road to Guru Besar” yang berlangsung secara daring dan luring di Ruang Diorama Gedung Auditorium Harun Nasutio. Acara tersebut, bertujuan untuk membantu jabatan dosen yang telah mencapai Lektor Kepala, agar segera meraih Guru Besar.

Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, M.A., mengatakan, kehadiran guru besar penting dalam memantapkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Maka, diharapkan Guru Besar semakin banyak dilahirkan agar dapat menjaga kualitas akademik dan menjaga pemahaman pada bidang keilmuan masing-masing.

“Saat ini, kebutuhan UIN Jakarta terhadap Guru Besar itu banyak, dari segi jumlah saja Guru Besar Program Studi (Prodi) masih sedikit, sehingga paling tidak tiap prodi memiliki Guru Besar secara global. Tahun lalu, UIN Jakarta berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian Agama (Kemenag) dengan Profesor terbanyak berdasarkan ketersediaan Guru Besar yang aktif,” ujarnya.

Guru Besar Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Noorhaidi Hasan, S. Ag., M.A., mengatakan, kewajiban menulis jurnal itu baik karena dapat mendorong keaktifan dosen dalam membuat tulisan dan menerbitkannya, sehingga jurnal yang dimiliki dapat bereputasi internasional.

“Ini tentunya penting, khususnya bagi dosen-dosen yang telah mendapatkan gelar dalam jabatan akademik. Namun, tantangan terbesarnya yaitu menembus jurnal internasional yang bereputasi. Sebab, tuntunan mutu tulisan yang tinggi sebagai salah satu syarat khusus dosen dalam mendapatkan gelar Profesor atau Guru Besar,” tutupnya.

(Devi Sylvia Hasanah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *