Tanamkan Mindset Entrepreneurship Hadapi Tantangan Industri 4.0

Ilustrasi era revolusi industri 4.0. Sumber foto: medium.com


Sebagaimana yang dapat diketahui, saat ini dunia sudah memasuki era industri 4.0, dimana teknologi mengambil peran penuh, dalam segala aktivitas perekonomian. Revolusi industri 4.0, juga merupakan tantangan besar bagi para remaja, terutama mahasiswa dalam menangulangi permasalahan tersebut.

Mahasiswa  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), jurusan Ekonomi Syariah, semester lima, Rizky Ramadhan menyampaikan, dengan pergerakan zaman yang begitu pesat, terlebih dengan kemerosotan perekonomian yang terjadi pada belahan dunia, hal tersebut tentu menjadi tantangan utama bagi generasi penerus bangsa.

“Dalam  berbagai macam urgensi yang akan dihadapi pada era industri 4.0, tentu perlu minat yang ditumbuhkan dalam diri, meskipun tidak dapat dihadirkan dengan paksaan, tetapi dengan seiring arus yang sedang berkembang, hal itu perlahan akan menyadarkan betapa pentingnya entrepreneurship dalam kehidupan,” ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), jurusan Manajemen,  semester tiga, Cindi Amanah Putri mengatakan, mindset entrepreneurship perlu ditumbuhkan pada jiwa remaja atau mahasiswa sekarang, dengan melihat revolusi 4.0 yang bertujuan meningkatkan pendapat dan penghemat biaya, serta bermuara pada efisiensi operasional.

“Maka dari itu, perlu adanya peluang bagi para pelaku usaha untuk bersiap diri menghadapi era yang lebih mencekam, seperti memulai proses transformasi ke era digitalisasi. Salah satunya, menggunakan pembelajaran dengan berbagai materi kewirausahaan dalam pembelajaran formal, ataupun semi formal,” tutupnya.

(Juva Salma Chotika)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *