Kenali Peran Penting ASEAN Bersama DPA

Suasana saat acara berlangsung


Pada Kamis (23/9), Direktorat Perundingan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) (DPA) sukses menggelar Webinar “Ngobrol Pintar Tentang ASEAN dan Isu Terkini” Serial Pertama. Bersama dengan para negosiator dan analis dari DPA, peserta dapat berdiskusi lebih dalam tentang berbagai macam isu perundingan perdagangan di ASEAN.

Negosiator Perdagangan, Desi Ariani mengatakan, ada beberapa tahapan untuk bekerja sama dengan ASEAN, yaitu mitra wicara sektoral, pembangunan, strategis, pengamat khusus dan lainnya. Tujuan ASEAN bekerja sama, yaitu untuk menjalin kekerabatan antar negara.

“Tercatat ada 11 negara yang telah bekerja sama dengan ASEAN. Tujuan kerja sama tersebut, untuk menjalin hubungan politik, ekonomi, serta sosial budaya. Selain itu, ASEAN juga mendapatkan keuntungan dalam bantuan teknis, seperti pembangunan infrastruktur dan lainnya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, meningkatnya jumlah negara yang bekerja sama dengan ASEAN dan rasa kepercayaan negara-negara tersebut, dapat ditegaskan peran penting ASEAN sebagai organisasi yang berpengaruh di kawasan global, mampu merefleksikan wujud kerja sama jangka panjang serta kedamaian dunia.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester tiga, sekaligus peserta acara tersebut, Dani Zahra menjelaskan, peran ASEAN tentu memengaruhi pergerakan ekonomi dan aspek lainnya bagi negara Asia Tenggara.

“Dengan kondisi seperti ini, peran ASEAN dapat dikatakan penting untuk pemulihan ekonomi negara di Asia Tenggara. Isu yang dibahas tersebut membuat webinar ini menjadi relevan, karena dapat dikaji oleh hampir seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan,” jelasnya.

(Sastra Yudha)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *