Gernas BBI Jadi Upaya Tingkatkan Perekonomian Indonesia

Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim saat mengisi acara


Bangga Buatan Indonesia (BBI), merupakan upaya yang dilakukan untuk memulihkan kondisi ekonomi Indonesia pasca pandemi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pun, juga turut serta mendukung hal itu dengan menyelenggarakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bertajuk “Aroma Maluku”, melalui kanal YouTube, pada Jumat (24/9).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-ristek), Nadiem Makarim mengatakan, pendidikan dan ekonomi memainkan peran strategis dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, yakni memenuhi kebutuhan kehidupan manusia sekarang, dengan mempertimbangkan kebutuhan di masa depan.

“Gernas BBI, akan menjadi langkah strategis untuk memulihkan ekonomi. Selain itu, Indonesia maju dan berkelanjutan, merupakan visi nasional yang harus diwujudkan bersama dengan inovasi dan rasa bangga melalui karya-karya anak negeri,” ujarnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, semester tiga, Melba Zahrani menuturkan, Gernas BBI dapat menjadi salah satu langah menuju perubahan yang baik, dalam peningkatan kualitas kesejahteraan pada perekonomian nasional.

“Langkah paling kecil yang dapat dilakukan, yaitu dengan memulai dari pribadi masing-masing, mencintai dan menggunakan merek lokal, membuat kreativitas dalam peningkatan kualitas mutu produk dalam negeri,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, kualitas produk dalam negeri dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), agar produk lokal dapat bersaing di dunia, karena pada era digitalisasi dituntut untuk mampu bersaing dalam percaturan ekonomi dunia.

(Delima Luzen Ahmad)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *