Kemenag Lakukan Pembinaan Kompetensi Bagi Penyiar Agama Islam DKI Jakarta

Sesi dokumentasi setelah acara dilakukan


Dalam rangka mendukung pencapaian Program Direktorat Penerangan Agama Islam, sebagaimana tercantum dalam rencana program kerja tahun 2021, Subdit Seni Budaya dan Siaran Keagamaan Islam menyelenggarakan kegiatan “Pembinaan Kompetensi Penyiar Agama Islam di Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 22 hingga 24 September, di Aston Pluit Hotel & Residence, Jakarta Utara.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Seni Budaya dan Penyiaran Agama Islam Kementerian Agama (Kemenag), Sayid Alwi Fahmih, S.Ag., menyampaikan, kontribusi penyiaran Islam di tengah dunia penyiaran sekarang telah berjalan baik. Meski begitu, Kemenag tetap hadir untuk meningkatkan kapasitas penyiar agama dengan melakukan inovasi, kualitas, serta kreativitas agar dapat bersaing di dunia digital sekaranng.

“Penyiar agama Islam harus memberikan konten-konten bermuatan baik, mendidik, peringatan, pengajaran, hal-hal yang bersumber dari Al -Quran dan Hadis, serta melawan berita hoaks. Saya harap, penyiar agama Islam memiliki ruang untuk berekspresi, sehingga dapat memberi dampak baik bagi kehidupan beragama, peningkatan kualitas keilmuan, nilai sosial, budaya, dan ekonomi,” ujarnya.

Koordinator Penyiar Agama Islam DKI Jakarta sekaligus Station Manager (SM) Radio Dakwah dan Komunikasi (RDK) FM UIN Jakarta, Muhammad Zahir Muzhaffar menuturkan, kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kemampuan, dan potensi penyiar agama Islam di Jakarta, baik dari radio kampus, komunitas, maupun swasta.

“Kegiatan tersebut, menjadi ajang penyampaian kepada para penyiar agama Islam di Jakarta untuk terus menyiarkan Islam dengan baik dan benar, objektif, dan sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Selain itu, dengan mengikuti kegiatan ini juga dapat membuka relasi baru bagi penyiar dan radio komunitas, sehingga diharapkan dapat berjalan secara konsisten,” tuturnya.

(Vania Febriana Friskandiar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *