FDIKOM Gelar Workshop Pedoman Penulisan Tugas Akhir

Dekan FDIKOM, Suparto, M.Ed, Ph.D., saat mengisi acara


Pada Selasa (28/9), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) mengadakan kegiatan workshop bagi para dosen mengenai “Pedoman Penulisan Tugas Akhir” yang berlangsung secara daring dan luring di Ruang Teater Aqid Suminto lantai dua FDIKOM. Kegiatan tersebut, bertujuan guna membimbing mahasiswa akhir dalam proses pembuatan tugas akhir berdasarkan pedoman penulisan.

Dekan FDIKOM, Suparto, M.Ed, Ph.D., mengatakan, setiap mahasiswa yang menyelesaikan studinya di perguruan tinggi, idealnya lulus dengan masa studi empat tahun. Perlu diketahui, angka presentase mahasiswa tingkat akhir FDIKOM yang lulus tepat waktu masih rendah.

“Maka dari itu, perlu adanya perhatian khusus terhadap mahasiswa yang diprediksi tidak lulus tepat waktu, sehingga dapat memperbaiki indeks presentasinya dan dapat menyelesaikan studinya selama empat tahun,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, apabila mahasiswa sudah mengumpulkan 120 (Satuan Kredit Semester (SKS) diakhir semester enam, maka mahasiswa dapat mengajukan karya ilmiah sebagai tugas akhir dengan dosen pembimbing. Sehingga, di semester delapan mahasiswa fokus pada penyelesaian dan ujian skripsi sebagai syarat memperoleh gelar sarjana.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Zulkifli, M.A, mengatakan, setiap mahasiswa yang telah mendaftarkan diri sebagai mahasiswa tugas akhir, wajib menyelesaikan dalam waktu enam bulan atau pada satu semester. Namun, permasalahan utama yang dihadapi mahasiswa untuk lulus tetap waktu, disebabkan karena penyelesaian tugas akhir yang belum terselesaikan.

“Sebetulnya, dalam penulisan skripsi hal paling penting yaitu kompetensi utama yang ditampilkan Program Studi (Prodi) dan telah ditetapkan oleh Dekan. Jika memenuhi syarat, maka bisa dianggap sebagai tugas akhir,” pungkasnya.

Dirinya menambahkan, dalam menyelesaikan masalah ini, diperlukan kerja sama antara mahasiswa dan dosen pembimbing dengan dukungannya dalam memberikan solusi, guna menyelesaikan penelitian yang dilakukan mahasiswa. Dengan dilakukannya langkah tersebut, maka 50 persen lulus tepat waktu akan terlaksana.

(Devi Sylvia Hasanah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *