Pentingnya Miliki Skill Komunikasi dan Negosiasi Bagi Fresh Graduate

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta, Dr. Arief Subhan, M.Ag., saat memberikan sambutan


Pada Selasa (28/9), Sub Bagian (Subbag) Administrasi Alumni Bagian Kemahasiswaan dan Alumni UIN Jakarta kembali mengadakan workshop, bertajuk “Keterampilan Komunikasi dan Kemampuan Negoisasi Bagi Alumni dan Calon Alumni” melalui Zoom. Acara tersebut, bertujuan untuk meningkatkan seni komunikasi, khususnya dalam bernegoisasi sebagai peran pendukung dalam dunia bisnis.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Jakarta, Dr. Arief Subhan, M.Ag., mengatakan, alumni-alumni fresh graduate adalah pihak yang paling tepat untuk berkiprah dan berkreasi dalam bernegoisasi. Sebetulnya, bernegoisasi adalah kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat dimanfaatkan dalam bernegoisasi secara resmi.

“Misalnya pada saat kita melamar kerja, ada satu pertanyaan yang seringkali diajukan oleh HRD, berapa perkiraan gaji yang diinginkan. Maka, jika kita ingin bernegosiasi pasti akan menaruh angka yang lebih besar daripada yang mereka tawarkan. Dengan begitu, negoisasi dapat saling menguntungkan dan mendapatkan manfaat yang diperoleh,” ujarnya

Alumni Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), Dedi Kurnia Syah Putra, S.SOS.i, M.IKOM, mengatakan, kemampuan komunikasi tidak dapat membuat orang percaya jika tidak pernah terjadi dalam interaksi dan komunikasi. Memiliki kemampuan berkomunikasi, menjadikan seseorang dapat berkomunikasi secara baik dengan banyak orang.

“Kemampuan komunikasi yang paling penting adalah percaya diri, karena terkadang jika kita mengikuti alur yang normatif, kemungkinan besar kita akan gagal. Seharusnya, kita perlu mencari gagasan baru dengan komunikasi yang berbeda. Negoisasi termasuk pada proses komunikasi dalam mengambil keputusan, dengan melibatkan dua pihak untuk mencari kepentingan dan kesepakatan bersama,” pungkasnya.

(Devi Sylvi Hasanah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *