Edukasi dan Motivasi Soal Kesehatan Mental Bersama HMPS PMI

Suasana saat webinar berlangsung


Kesehatan mental di pandemi Covid-19 kembali ramai diperbincangkan. Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan, sehingga meninggalkan dampak yang besar bagi setiap orang. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) UIN Jakarta menggelar Webinar Mental Health bertajuk “Mari Bercerita dan Percaya Apakah Dirimu Baik-Baik Saja”, pada Selasa (28/12), melalui Zoom.

Dosen Pengantar Ilmu Komunikasi, Nofia Natasari S. Kom.I., M.Sos., mengatakan, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, sehingga webinar tersebut diharapkan dapat memberikan edukasi dan motivasi tentang kesehatan mental.

“Diharapkan, kegiatan ini dapat menginspirasi dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena menjaga kesehatan bukan hanya fisiknya saja, melainkan mental juga perlu dijaga, sebab kesehatan mental dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun,” pungkasnya.

Psikolog Klinis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kab. Bekasi, Alifia Ulie M. Hadori, S.Psi., M.Psi., mengatakan, selama masa pandemi terdapat perubahan perilaku dalam melakukan aktivitas normal, sehingga berdampak pada kehidupan khususnya pada kesehatan mental seperti depresi dan kegelisahan. Maka dari itu, kriteria individu sehat mental perlu dibentuk.

“Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mental, akibat penggunaan media sosial di masa pandemi Covid-19. Salah satunya, keterampilan sosial yang kurang baik, cyberbullying, dan adikasi, sehingga orang tersebut merasakan kesepian yang dihadapi. Maka, untuk menghilangkan stres kita perlu lebih aware, positive thinking, dan menjalin silaturahmi,” ujarnya.

(Devi Sylvia Hasanah)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *