UIN Jakarta Gelar Rapat Pimpinan Soal Zakat Profesi Bagi Mahasiswa Terdampak Pandemi – RDK FM UIN JAKARTA

UIN Jakarta Gelar Rapat Pimpinan Soal Zakat Profesi Bagi Mahasiswa Terdampak Pandemi

Prof. Dr. H. Muhammad Amin, S.H., M.A., M.M., saat mengisi kegiatan


Pada Selasa (25/01), UIN Jakarta menggelar rapat pimpinan melalui Zoom, yang dihadiri 188 peserta, baik Wakil Dekan (Wadek) Fakultas, Ketua dan Sekretaris Program Studi (Prodi), serta dosen dan civitas akademika. Rapat tersebut, membahas tentang zakat untuk beasiswa di UIN Jakarta yang diambil dari 2,5 persen gaji pegawai yang diperuntukkan bagi mahasiswa terdampak pandemi.

Dosen Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Prof. Dr. H. Muhammad Amin, S.H., M.A., M.M., mengatakan, zakat merupakan kewajiban yang harus dikeluarkan tiap umat muslim. Namun, hal tersebut perlu dilakukan sebagai upaya terobosan untuk menjadi muzakki.

“Dengan ketentuan 2,5 persen tersebut, maka akan disalurkan kepada mahasiswa yang terdampak pandemi, baik bagi orang tua terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), hingga fakir miskin,” ujarnya.

Dosen Fakultas Adab dan Humaniora (Fah), Dr. Halid, M.Ag., menuturkan, jika zakat profesi tersebut ingin dijalankan sesuai prosedur, sebaiknya dibuat pemetaan data dari UIN Jakarta, seperti ada berapa civitas akademika yang telah menjalankan Ziswaf, baik di lingkungan UIN Jakarta maupun di luar, seperti Social Trust Fund (STF), yayasan yatim piatu, atau lembaga filantropi.

“Untuk legalitas, perlu diurus Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) UIN dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), karena pengumpulan zakat profesi harus melalui lembaga resmi. Pada form isian bank, terdapat kesediaan dosen terkait potongan zakat. Sedangkan nisab zakat mal sebesar 85 gram emas, jadi hitungan tiap dosen dari 2,5 hartanya,” tuturnya.

(Arifah Salastiani Intan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138