Kenali Tarian Sufi yang Religius dan Penuh Makna

Tarian sufi. Sumber foto: liputan6.com


Balamuda, pasti engga asing lagi nih mendengar atau bahkan melihat Tarian Sufi dari Turki, yang dikenal dengan tarian berputar hingga berjam-jam bahkan sampai berhari – hari. Tetapi jangan salah lho, Balamuda, ternyata Tarian Sufi merupakan tarian religius yang memiliki banyak arti dan penuh makna.

Tarian dengan nama lain whirling dervishes tersebut, pertama kali dipertunjukkan di wilayah Anatolia Turki sejak abad ke 13. Tarian tersebut diciptakan oleh seorang pria filsuf sekaligus penyair dari Persia bernama Mawlana Jalaludin Rumi (Mevlana Celaleddin Rumi). Konon, ketika Syamsuddin Tabriz guru spiritual Rumi meninggal dunia, ia mengalami kesedihan yang mendalam. Kemudian Rumi mengekspresikan kesedihannya dengan berputar-putar dan menyadari bahwa manusia itu fana.

Melansir dari sufihouse.com, tarian sufi memiliki banyak makna dan manfaat bagi kehidupan, di antaranya dapat membantu seseorang untuk menghubungkan jiwa dan tubuh, membawa sang penari untuk lebih dekat dengan sang pencipta, serta membantu merevitalisasi energi dari dalam diri saat menari. Tarian sufi merupakan tarian yang dipenuhi pengendalian kesadaran yang juga sering dinyatakan sebagai obat yang mujarab untuk meredakan rasa sakit.

Dikutip dari CNN Indonesia, seorang asisten profesor Departemen Anestesiologi di Universitas California, menyatakan tarian sufi memiliki bukti manfaat bagi kesehatan secara menyeluruh. Dengan adanya fakta bahwa seorang sufi yang sedang menari, akan membuat dirinya terlepas dari sifat keegoisan diri pada duniawi. Bahkan para penoton yang menyaksikan tarian sufi, mendapatkan manfaat penyembuhan untuk kesehatan, termasuk rasa sakit hingga patah hati.

Wah Balamuda, ternyata tarian sufi juga memiliki banyak makna dan manfaat ya. Balamuda yang lagi patah hati atau ingin selalu merasa dekat dengan sang pencipta boleh banget langsung di coba dan di pelajari nih, tapi inget ya, Balamuda harus berguru dan belajar dengan orang yang sudah paham dan memiliki keahlian.

(Juva Salma)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *