UIN Jakarta Kembali Buka Pendaftaran KKN di Masa Pandemi

Ilustrasi Pelaksanaan KKN. Sumber foto: Uinjkt.ac.id


UIN Jakarta kembali membuka pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masa pandemi. Pendaftaran dapat dilakukan mulai 23 Februari hingga 9 Maret 2022 melalui Academic Information System (AIS). Pelaksanaan KKN tetap dalam pengawasan, serta protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Faieq Haidar mengatakan, dilaksanakannya KKN merupakan hal baik, karena program kampus soal percepatan tingkat kelulusan mahasiswa dapat diwujudkan dengan semestinya.

“Dengan berbagai pertimbangan, KKN harus dilakukan. Selain untuk memenuhi tugas mahasiswa yang tercantum dalam tri darma perguruan tinggi, KKN juga memberikan pemahaman kepada mahasiswa terhadap keadaan lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, pelaksanaan KKN dalam beberapa tahun kebelakang seperti tidak ada bimbingan serius dari pihak kampus, bahkan dalam hal penyebaran informasi yang tidak merata. Hal tersebut perlu diperhatikan kembali, serta menjadi evaluasi untuk pihak kampus dalam pelaksanaan KKN kedepannya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, semester enam, Muhammad Aldiansyah Farhan mengatakan, KKN menjadi salah satu program kuliah yang sangat penting, baik dalam hal pengembangan diri, maupun dalam dunia pekerjaan di masa depan.

“Pelaksanaan KKN bertujuan agar mahasiswa mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menyejahterakan masyarakat. Peserta KKN harus menyiapkan tenaga, pikiran, dan mental, serta restu orang tua agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pelaksanaan KKN di masa pandemi memiliki banyak tantangan, terutama dalam hal perancangan program kerja. Dengan keterbatasan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat lebih kreatif dan inovatif, serta menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

(Jelita Mawar Hapsari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *