Mahasiswa Kesmas UIN Jakarta Buat Inovasi Dispenser Masker

Dokumentasi penyerahan dispenser masker kepada Kelurahan Setu.


Mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) UIN Jakarta membuat inovasi dalam menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes), yaitu dispenser masker. Inovasi tersebut bertujuan memfasilitasi dan memotivasi masyarakat sekitar untuk menggunakan masker dengan fasilitas yang disediakan. Kini dispenser masker telah terpasang pada enam titik publik di wilayah RW 04 Kelurahan Setu.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), jurusan Kesmas, semester enam, Dian Restu mengatakan, dispenser masker dibuat dalam rangka intervensi praktik pengalaman belajar Program Studi (Prodi) Kesmas angkatan 2019.

“ide dalam pembuatan dispenser masker tersebut terinspirasi dari beberapa negara yang sudah menggunakan dispenser masker dibanyak tempat agar memudahkan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan,” ungkapnya.

Mahasiswa Fikes, jurusan Kesmas, semester enam, Aziza mengatakan, sebelum mengambil masker di dispenser masker, masyarakat harus mencuci tangan demi menjaga kebersihan. Untuk mengambil masker, masyarakat hanya perlu menarik masker di lubang yang berasa di bagian bawah dispenser masker.

“Dispenser masker tersebut juga dilengkapi dengan tombol di bagian kanan untuk menandakan kepuasan, dan terdapat tombol di bagian kiri untuk menandakan ketidakpuasan terhadap penggunaan dispenser masker tersebut,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, tim pembuat dispenser masker sudah bekerja sama dengan Pentahelix, untuk mensosialisasikan penggunaan dispenser masker ke masyarakat, dengan menyebarluaskan video dan membuat artikel tentang dispenser masker.

(Nurul Lutfia Maryadi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *