Tim Baseball Banten U12 dan U15 Ikuti KEJURNAS 2022 di Surabaya

Foto bersama sebelum keberangkatan tim baseball U12 dan U15. Sumber foto: Tangsel.life


Banten tetap memberangkatkan tim U12 dan U15 baseball-nya yang akan bertanding di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Baseball di Surabaya, Jawa Timur, pada akhir Maret 2022. Meski tidak mendapatkan dukungan anggaran dari pemerintah, Pengurus Provinsi (Pengrov), serta Persatuan Baseball Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi), tim akan tetap berangkat dengan 12 atlet kelompok usia 15 tahun dan 15 atlet kelompok usia 12 tahun beserta tim official.

Dilansir dari Metrotangsel.com, Ketua Perbasi Banten, Zaenal Muttaqin mengungkapkan, seluruh biaya kebutuhan tim selama mengikuti Kejurnas yang diselenggarakan Pengurus Besar (PB) Perbasasi, sepenuhnya dibiayai oleh anggaran swadaya dari para orang tua atlet dan sponsor. Menurutnya, sejak pandemi Covid-19 tidak ada dukungan anggaran dari pemerintah provinsi untuk kegiatan kejuaraan tingkat nasional. Hal itu juga dirasakan oleh Cabang Olahraga (Cabor) lainnya.

“Ya, ini luar biasa sekali, karena biaya ini sepenuhnya diperoleh secara swadaya dari para orang tua atlet dan juga dukungan para sponsor yang berhasil dihimpun tim direktorat baseball. Alhamdulillah ya,” ungkap Zaenal Muttaqin.

Meski demikian, Zaenal dan pihaknya tetap menargetkan perolehan medali emas kepada kedua tim. Menurutnya, dilihat dari materi permainan yang sudah disiapkan dapat dibilang sangat baik, karena pihaknya serta Pengurus Provinsi (pengrov) melakukan pembinaan atlet usia dini secara konsisten.

Anggota Futsal Wanita, Federasi Olahraga Mahasiswa (Forsa), Shafa Adha Zhafira ikut senang dengan keputusan untuk memberangkatkan tim baseball Banten. Shafa menilai masyarakat masih banyak yang kurang mengetahui mengenai cabang olahraga satu ini, jadi dengan keputusan tersebut dapat sekaligus mengenalkan baseball kepada masyarakat, khususnya tim baseball dari Banten ini.

“Mungkin karena baseball bukan olahraga yang terlalu disukai atau diminati banyak orang. Bisa saja salah satu alasannya karena peralatan olahraga baseball cukup mahal dan ruang yang dibutuhkan juga sangat besar,” pungkasnya.

(Jelita Mawar Hapsari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *