PMB Jalur Ujian Mandiri UIN Jakarta Dibuka Awal Mei 2022 – RDK FM UIN JAKARTA

PMB Jalur Ujian Mandiri UIN Jakarta Dibuka Awal Mei 2022

Suasana rapat persiapan penerimaan mahasiswa baru. Sumber foto: UINJKT.AC.ID


Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan pendaftaran seleksi masuk UIN Jakarta melalui seleksi Ujian Mandiri (UM) tahun akademik 2022-2023 akan dibuka mulai tiga Mei hingga empat Juli 2022. Seleksi jalur UM menawarkan sebanyak 56 Program Studi (Prodi) S1 yang tersebar di 12 fakultas. Pendaftaran terbuka untuk siswa lulusan SMA, MA, SMK, Pesantren lulusan tahun 2022, 2021, dan 2020.

Wakil Dekan (Wadek) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), Drs. Cecep Castrawidjaya. MA mengatakan, siswa lulusan SMA, MA, SMK dapat yang ingin mendaftar jalur mandiri tersebut wajib memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“PMB jalur UM dibagi kedalam dua paket pilihan, rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan rumpun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rumpun IPS dapat diambil oleh para siswa lulusan diseluruh jurusan SMA, MA, SMK, Pesantren. Namun bagi rumpun IPA hanya dapat diambil oleh para siswa jurusan ipa,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, sebagai catatan bagi siswa pendaftar jurusan dirasat islamiyah harus lancar membaca Al-Quran, memiliki bekal hafalan Al-Quran, dan dapat menulis serta memahami Bahasa Arab dasar. Diharapkan penjaringan jalur mandiri dapat menjaring calon mahasiswa yang berprestasi akademik maupun non akademik.

Salah satu calon peserta gap year yang akan mengikuti jalur UM UIN Jakarta, Fadillah Shidqi mengatakan, efektif atau tidaknya ujian secara online tergantung pada ketersediaan dan kesiapan peserta. Jika dilihat dari keadaan masa transisi pandemi tersebut, ujian mandiri secara online sangat memudahkan.

“Dapat dipastikan banyak peserta yang berasal dari luar Pulau Jawa yang akan mengikuti tes jalur UM. Namun plus minus dari setiap kebijakan akan selalu ada, kesulitan ujian secara online hanya perihal ketersediaan fasilitas seperti handphone, laptop, dan jaringan internet yang kuat untuk melancarkan proses berjalannya ujian,” ujarnya.

Dirinya berharap, kecurangan-kecurangan saat ujian mandiri berlangsung dapat terkoordinasikan dengan sistem dan semoga dengan mengikuti ujian mandiri tahun 2022, seluruh calon mahasiswa yang telah gap year dan yang baru saja lulus akan diberikan kemudahan.

(Nazwa Rizqia Kamila)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

enterslots kdslots777 vegasgg autospin88 jempol88 playbet88 luxury333 fit188 bigdewa megahoki88 warung168 gas138 nusa365 gebyar123 kencana88 max77 garuda999 koinvegas mantul138 autowin88 emas168 pusatwin ajaib88 monsterbola bonus138 kencana88 koko138 bet88 dragon77 dunia777 bigdewa jakartacash 7winbet emas138