Kurang Adaptasi Cuaca Mempengaruhi Performa Timnas U19 yang Tidak Maksimal

Duel antara pemain Timnas dan Yeungnam University. Sumber foto: okezone. com


Dalam agenda training camp (TC) di Korea Selatan, Tim Nasional (Timnas) Usia (U)19 mengalami kekalahan dalam laga uji coba melawan Yeungnam University dengan skor 1-5 (22/03). Kekalahan Garuda Nusantara bukan tanpa alasan, cuaca menjadi salah satu faktor yang membuat performa Timnas U19 pada laga tersebut tidak maksimal.

Dilansir dari CNN Indonesia,  Ricky Pratama, satu-satunya pencetak gol untuk Indonesia pada laga tersebut mengatakan, laga uji coba itu dilakukan dalam tiga sesi dengan waktu 40 menit pada setiap sesinya, serta digelar saat cuaca di Yeongdeok mencapai 11 derajat celcius. Dengan diberlakukannya karantina selama tujuh hari, Timnas terlambat untuk beradaptasi dengan cuaca yang ada di Yeongdeok.

“Dalam agenda TC di Korea Selatan yang dilakukan sebagai persiapan menyambut Piala Dunia U20 pada 2023 mendatang, kami masih harus menghadapi Timnas Korea Selatan sebanyak dua kali pada 25 dan 29 Maret, serta menghadapi Sembilan tim lokal Korea Selatan setelah laga melawan Yeungnam University,” ujarnya

Dirinya berharap, dengan adanya TC di Korea Selatan tersebut, Garuda Nusantara dapat menyerap seluruh latihan dan uji coba yang sudah disusun. Dua poin utama yang harus diprioritaskan untuk menyambut Piala Dunia adalah latihan fisik dan mental.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), Jurusan Jurnalistik, semester empat, Rayyan Khairil Aziz mengatakan, untuk laga tandang, adaptasi adalah hal yang sangat penting untuk mencapai performa yang maksimal saat bertanding. Meski begitu, pemain Indonesia yang biasa bermain dengan iklim tropis akan merasa terganggu dengan cuaca di Yeongdeok yang mencapai 11 derajar celcius.

“Dengan adanya pelatihan uji coba di Korea Selatan, diharapkan Timnas U19 dapat memperkuat kekompakan, serta dapat bersaing di dalam segala situasi”

(Nazwa Rziqia Kamila)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *