Tiga Hal Penting Untuk Menjaga Nutrisi di Bulan Ramadhan

Ilustrasi makanan bernutrisi penting. Sumber: Merdeka.com


Hallo Balamuda! menjelang Ramadhan, Balamuda harus mempersiapkan diri nih. Seperti yang Balamuda ketahui, bulan suci Ramadhan adalah waktunya seluruh umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Karenanya, Balamuda perlu menjaga nutrisi tubuh agar memaksimalkan kegiatan ibadah dengan tubuh yang sehat. Berikut tiga hal penting untuk menjaga nutrisi ketika menjalani ibadah puasa. Penasaran? mari simak!

  1. Karbohidarat

Balamuda perlu mengonsumsi karbohidrat yang tepat, karena karbohidrat sangat berperan penting untuk menjaga energi Balamuda, apalagi saat puasa nanti. Nah, Balamuda tidak perlu khawatir karena karbohidrat terkandung di makanan yang mudah ditemukan contohnya, buah-buahan, produk susu, dan pati seperti nasi, roti, dan pasta.

  1. Protein

Balamuda perlu tau, bahwa protein yang ditemukan dalam daging, susu, telur, dan kedelai mampu memperbaiki dan membangun kembali jaringan dan otot yang terpengaruh selama aktivitas fisik. For Balamuda information, untuk menjaga nutrisi ketika berpuasa, Balamuda perlu mengonsumsi protein dengan rasio karbohidrat 2:3:1, dengan 20 gram protesin berkualitas tinggi dan antara 40 hingga 60 gram karbohidrat. Aduh pasti pusing ya? Jangan pusing karena ada solusi untuk Balamuda yaitu sandwich yang berisi sepotong buah atau daging bisa jadi pilihan Balamuda agar protein tetap terpenuhi.

  1. Lemak

Kalau soal lemak, pasti balamuda negatif thinking ya?

Tubuh manusia juga butuh lemak loh, lemak berfungsi sebagai sumber energi penting, karena lemak digunakan sebagai bahan bakar.  Tubuh akan menggunakan lebih banyak lemak daripada karbohidrat untuk bahan bakar ketika Balamuda melakukan aktivitas, apalagi saat melaksanakan ibadah puasa. Tetapi balamuda harus memilih lemak yang bermanfaat seperti yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, serta jauhi lemak jenuh seperti makanan cepat saji atau gorengan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

(Arifah Salastiani intan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *