PPHUI Gelar Peringatan Hari Film Nasional

Ketua pelaksana HFN, Sonny Pudjisasono. Sumber foto: Liputan6.com


Pusat perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI) gelar peringatan Hari Film Nasional (HFN) yang bertepatan pada Rabu (30/3) selama tiga hari pada 28-30 Maret 2022. Acara tersebut berlokasi di Gedung PPHUI yang melibatkan seluruh organisasi perfilman, dengan tema “Melalui Peringatan HFN, Jadikan Indonesia sebagai Pagar Budaya Bangsa”.

Dilansir dari Republika.co.id, Ketua pelaksana HFN, Sonny Pudjisasono mengatakan, digelar acara tersebut dengan tujuan menghidupkan kembali aktivitas gedung pusat perfilman sebagai pusat kegiatan perfilman nasional.

“Semuanya sepakat ingin menjadikan gedung PPHUI sebagai pagar budaya terhadap perfilman nasional. Indonesia akan menjadi ajang bagi seluruh kebudayaan dari negara anggota G20 sebagai tuan rumah G20 tahun 2022. Jika tidak difilter atau minimal tidak ada bandingan, maka identitas budaya di Indonesia akan meredup dan hilang,” tuturnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), semester delapan, Farid Abdullah Lubis mengungkapkan, diadakannya HFN yaitu sebagai makna perlawanan atau penyampaian aspirasi karena banyak film yang mencerminkan kejadian nyata.

“Untuk kemajuan perfilman sendiri saya harap masyarakat dapat ikut mengapresiasi dan tidak ikut serta dalam membudayakan plagiarisme karena plagiarisme merupakan tindakan yang mencederai dan mengakibatkan kerugian besar bagi para pembuat film,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, untuk kedepannya semoga industri film lebih maju baik dari segi alur film yang lebih mendidik serta bisa membantu rakyat Indonesia untuk terus berkembang karena film merupakan salah satu faktor yang membantu perekonomian di Indonesia.

(Arifah Salastini Intan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *