ASN 2019 Gelar Seminar Membahas Kontribusi ASN Dosen FDIKOM

Muhtar Mochamad Solihin, M.Si saat menjadi pembicara pada seminar bauran (30/03).


Aparatur Sipil Negara (ASN) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), gelar seminar bauran dengan tema “Kontribusi ASN Dosen 2019 dalam Mendukung Peningkatan Perfoma Sivitas Akademika FDIKOM”. Seminar tersebut digelar pada Rabu (30/03) di Gedung Teater Lantai Dua dan disiarkan secara langsung melalui Zoom Meeting dan Live Youtube.

Dosen Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Muhtar Mochamad Solihin, M.Si mengatakan, penyebab diambilnya judul Optimalisasi Pengelolaan Jurnal oleh Program Studi (Prodi) BPI yaitu karena penelitian dan analisis yang dilakukan menunjukkan belum optimalnya pegelolaan pada jurnal prodi.

“Kemudian setelah melakukan analisis lebih lanjut, salah satu faktor hal tersebut bisa terjadi adalah belum adanya tamplate jurnal. Di luar hal tersebut, yaitu tidak adanya Standard Operating Procedure (SOP) dan tidak adanya tim yang maksimal,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, berdasarkan kegiatan yang dilakukan, maka aktualisasi diri menghasilkan pembuatan SOP perubahan nomenklatur nama jurnal, aktivasi, hingga mendesain tampilan Open Journal System (OJS), sharing pengelolaan jurnal ilmiah, dan pelatihan pengelolaan jurnal berbasis OJS.

Dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Indah Fadhilla mengungkapkan, pada masa aktualisasi terdapat masalah tentang tanda tangan hingga pada akhirnya ditemukan sebuah solusi yaitu dengan cara menggunakan aplikasi tanda tangan elektronik.

“Dengan menggunakan aplikasi tersebut maka tiap dosen tidak perlu khawatir tentang adanya tanda tangan palsu seperti yang terjadi pada program studi KPI. Dengan disetujuinya hal tersebut untuk dimasukkan ke dalam program, pada akhirnya dilakukan sosialisasi bagaimana penggunaan aplikasi tersebut,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, setelah berjalannya program tersebut, program selanjutnya yaitu menulis sebuah jurnal dengan tujuan meningkatkan kemampuan menulis yang pada akhirnya dapat dipublikasi dengan judul konstruksi isu kontra kebijakan pemerintah terhadap pandemi.

(Arifah Salastiani Intan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *