5 Cara Mengurangi Kebiasaan Self Serving Bias

Cara Mengurangi Kebiasaan Self Serving Bias

Ilustrasi seorang self serving bias. Sumber : suara.com


Hallo Balamuda! Apa Balamuda mengetahui istilah self serving bias?

Menurut Baron & Byrne di dalam bukunya yang berjudul “Psikologi Sosial”, Self self serving bias merupakan perilaku yang meyakini hal positif berasal dari dalam diri (internal), serta hal negatif berasal dari luar (eksternal). Seorang self serving bias cenderung sering menyalahkan orang lain, serta menganggap dirinya orang yang paling benar, lho Balamuda.

Balamuda harus tau! self serving bias ada dampaknya lho. Dampak dari self serving bias antara lain sulit untuk berkembang dan merusak hubungan Balamuda dengan orang yang ada di sekitar. Tapi, kebiasaan self serving bias ternyata bisa diminimalisir Balamuda.

Penasarankan caranya? Mari Simak!

Belajar Untuk Evaluasi Diri

Untuk meminimalisir self serving bias, Balamuda harus lebih sering mengevaluasi diri sendiri, sebelum mencari penyebab lainnya dari luar. Jika ternyata terdapat kesalahan pada diri sendiri, Balamuda harus berusaha memperbaikinya dengan sabar.

Menerapkan Self Compassion

Yang kedua yaitu self compassion, Balamuda harus lebih menerima kekurangan yang ada di diri Balamuda, khususnya ketika gagal. Wajar lho,  jika seseorang melakukan kesalahan, mulai sekarang Balamuda bisa banget untuk tidak menyalahkan diri yang berlebihan.

Mencoba Mindfulness

Mindfulness adalah konsep yang membantu Balamuda untuk lebih bisa mengendalikan kesadaran diri, sehingga Balamuda dapat mengatasi suatu masalah dengan tenang tanpa menyalahkan orang lain.

Lakukan Positive Self

Positive self  adalah kebiasaan memberikan ucapan yang positif pada diri sendiri ketika melakukan kesalahan. Kebiasaan tersebut dinilai cukup ampuh dalam meminimalisir self serving bias.

Self Love

Yang terakhir Balamuda harus lebih sering memberikan apresiasi kepada diri Balamuda sendiri ketika selesai mengerjakan sesuatu. Tidak perlu memberikan apresiasi dengan hal yang wah, hanya cukup apresiasi saja.

 

(Al Ghifari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *