Inovasi Zakat Drive Thru Permudah Bayar Zakat di Masa Pandemi

Ilustrasi zakat drive thru. Sumber foto: Bisnis.com


Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Jakarta, salah satunya LAZ Al Azhar gelar pembayaran zakat drive thru guna mempermudah pembayaran zakat, infaq, dan sedekah bagi masyarakat muslim. Dilatar belakangi oleh ketakutan masyarakat saat masa pandemi, LAZ Al Azhar berinovasi memberikan layanan zakat yang efektif digunakan dan dilakukan di tengah masa transisi pandemi Covid-19 sejak beberapa tahun silam. Petugas zakat drive thru memberikan layanan berupa pembayaran non tunai dan pembayaran tunai serta menyediakan konter khusus roda dua dan roda empat agar mempermudah para Muzzaki.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Manajemen Dakwah (MD), semester dua, Luthfiyah Mahdiyah mengatakan, zakat merupakan hal yang wajib dilakukan oleh muslim yang mampu bagaimanapun caranya. Zakat drive thru sangat memudahkan para Muzzaki untuk menunaikan kewajibannya.

“Zakat seperti yang dilakukan masjid Al Azhar tersebut dapat memberikan inspirasi bagi masjid di kota lain agar inovasi yang sangat baik tersebut dapat berkembang di berbagai wilayah,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan adanya kemudahan seperti pembayaran zakat drive thru tersebut, semua masyarakat muslim dapat dipermudah untuk melakukan kewajibannya sebagai seorang muslim dan semoga pendistribusian oleh LAZ untuk para mustahik dapat berjalan dengan merata dan adil.

Salah satu Muzakki yang telah membayar zakat dengan drive thru, Indah Julianti mengatakan, banyak Muzakki yang ingin donasi langsung secara tatap muka dengan para amil, namun pandemi menimbulkan banyak kekhawatiran. Adanya zakat drive thru tentunya menjadi kabar baik.

“Sangat efisien dan praktis, bahkan tanpa turun dari mobil kewajiban membayar zakat sangat dipermudah. Para perugas penerima zakat terjaga protokol kesehatannya seperti menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer, pengecekan suhu, dan jaga jarak,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pelayanan sangat ramah saat membimbing pembacaan doa dan juga diberikan konsultasi mengenai zakat. Diharapkan dengan adanya pembayaran zakat drive thru banyak kemudahan-kemudahan lain yang dapat diinovasikan dalam beribadah.

(Nazwa Rizqia Kamila)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *