Peringati Hari Perawat Sedunia 2022: Hormati Hak Mengamankan Kesehatan Global

Ilustrasi perawat di masa pandemi Covid-19. Sumber foto: Pontas.id


Hari Perawat Sedunia diperingati pada 12 Mei setiap tahunnya. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Florence Nightingale yang merupakan pelopor keperawatan modern. Peringatan Hari Perawat Sedunia selalu mengusung tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Pada tahun 2022 sendiri mengusung tema “Perawat: Suara untuk Memimpin–Berinvestasi dalam Keperawatan dan Hormati Hak untuk Mengamankan Kesehatan Global”.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas), semester dua, Siti Rahma Maulida mengatakan, Hari Perawat Sedunia penting untuk diperingati setiap tahunnya dalam rangka mendukung perjuangan para perawat serta tenaga kesehatan di seluruh dunia.

“Selain itu peringatan tersebut juga sebagai penghargaan untuk para perawat sebagai tenaga kesehatan yang selalu membantu pasien dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya. Namun bidang keperawatan saat ini masih di remehkan di Indonesia, terlebih gaji pokok di rumah sakit negeri tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan saat pendidikan,” ungkapnya.

Dirinya berharap agar pemerintah serta masyarakat di Indonesia dan dunia mampu mendukung para perawat secara maksimal demi menciptakan kesehatan di masa depan.

Alumni Fikes, jurusan Ilmu Keperawatan angkatan 2018, Riska Yulia mengungkapkan, bidang kesehatan saat ini tengah mengalami banyak keadaan darurat terutama karena dunia masih diliputi oleh virus Covid-19. Peranan perawat sendiri sangat penting sebagai garda terdepan melawan pandemi sejak 2019 lalu.

“Tidak hanya perawat yang wajib berjuang untuk kesehatan masa depan, tetapi seluruh tenaga kesehatan serta masyarakat di dunia perlu saling mendukung dalam menciptakan kesehatan di masa depan. Saat ini bidang keperawatan masih kurang merata di Indonesia bahkan beberapa negara berkembang lainnya,” ujarnya.

Dirinya berharap, perawat serta tenaga kesehatan selalu siap sedia menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat untuk masa kini hingga masa depan nanti.

(Jelita Mawar Hapsari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *