Polantas Terapkan Sistem Ganjil Genap Satu Hari Sebelum Hari Besar

Ilustrasi kebijakan gannjil genap. Sumber foto: Bianity.net


Mulai Rabu (25/05), Kepolisian sudah menerapkan sistem ganjil genap dalam rangka mengantisipasi libur peringatan Kenaikan Isa Al Masih yang jatuh pada Kamis (26/05). Kebijakan tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 84 Tahun 2021.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), jurusan Jurnalistik, semester enam, Farhan Fauzan mengatakan, jika tidak dilakukan penerapan sistem ganjil genap jelang hari besar, kemungkinan besar mengakibatkan arus lalu lintas berhenti total.

“Selain itu dengan diterapkannya sistem ganjil genap membuat volume kendaraan yang menuju suatu tempat menjadi terkontrol dan membuat lalu lintas lancar. Artinya sistem ganjil genap berhasil membuat efektivitas dalam lalu lintas,” ungkapnya.

Dirinya berharap, pihak kepolisian lebih banyak turun ke jalan untuk melakukan pengecekan terhadap plat nomor kendaraan, tujuannya agar sesuai dengan penerapan sistem ganjil genap dan masyarakat lebih peduli akan sistem tersebut yang fungsinya untuk kebaikan bersama.

Polisi Lalu Lintas (Polantas), Zaldy Mahfud mengungkapkan, pihak kepolisian sudah menerapkan sistem ganjil genap karena dalam Permenhub sistem diberlakukan satu hari sebelum hari libur. Maka hal tersebut sudah dijalankan untuk mengantisipasi kemacetan yang akan terjadi.

“Dengan diadakannya sistem tersebut, sebagai anggota polri akan bertanggung jawab penuh atas kebijakan yang dilakukan pada hari besar nanti. Sistem tersebut dirasa cukup efektif untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas, akan tetapi jika pada pelaksanaannya gagal maka anggota Polantas akan memberlakukan sistem contra flow untuk meminimalisir kemacetan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, baiknya masyarakat yang ingin berpergian agar mengetahui sistem tersebut. Dengan adanya kebijakan satu hari sebelum hari libur tujuannya agar masyarakat dapat mengetahui sistem tersebut  dijalankan sesuai lokasi dan jadwalnya.

(Arifah Salastiani Intan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *