BNPT Gandeng Sejumlah Kampus Demi Cegah Paham Terorisme Pada Mahasiswa

Ilustrasi unjuk rasa cegah paham radikal. Sumber foto: Antaranews.com


Ditengah maraknya aksi radikalisme, tak terkecuali dalam lingkup kampus membuat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Universitas Bung Karno (UBK) serta universitas lainnya dalam mewujudkan lingkungan kampus yang aman. Hal tersebut diwujudkan dengan penanaman nilai-nilai Pancasila pada setiap aspek terutama dalam segi akademik.

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), jurusan Ilmu Hukum, semester empat, Zaidan Ahmad menuturkan, paham radikalisme dan terorisme khususnya dalam lingkup kampus memang sudah seharusnya untuk ditumpas. Pasalnya paham tersebut sangatlah berbahaya karena dapat membuat stabilitas negara menjadi terancam.

“Kerjasama yang dilakukan oleh BNPT dan sejumlah pihak kampus sangatlah tepat karena memang generasi muda Indonesia merupakan sasaran empuk bagi paham radikal untuk masuk,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, hal-hal yang tidak diinginkan seperti aksi terorisme bahkan berkembangnya paham ekstrimis dapat membuat kerusakan yang begitu besar terutama dalam lingkup sosial masyarakat. penanaman nilai-nilai Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting sehingga paham radikal dapat mudah untuk dicegah.

Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam), Fakultas Hukum (FH), jurusan Ilmu Hukum, semester dua, Syabila Tasya mengatakan, kerja sama antara BNPT dengan pihak kampus merupakan aksi nyata guna menangkal paham radikal pada mahasiswa.

“Kerjasama tersebut diperlukan agar para mahasiswa terbangun rasa nasionalisme terutama untuk melawan paham yang sangat bertentangan dengan Pancasila. Saya harap dengan adanya kerjasama tersebut kampus dapat menjadi tempat yang aman serta terbebas dari paham radikal yang sangat membahayakan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pencegahan radikalisme seperti adanya program pendampingan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari pihak kampus serta adanya monitoring berkala dari BNPT terkait penanaman nilai Pancasila dapat membuat paham radikal semakin sulit untuk mempengaruhi mahasiswa.

(Surya Mahmuda)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *