MUI Sulsel Terbitkan Rekomendasi Pencegahan Wabah PMK Jelang Idul Adha

Ilustrasi pemeriksaan hewan kurban demi pencegahan wabah PMK. Sumber foto: Ajnn.net


Menjelang Hari Raya Idul Adha yang akan dilaksanakan pada Juli mendatang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menerbitkan lima rekomendasi langkah antisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan kurban. Salah satu rekomendasi tersebut ialah menutup sementara akses pengiriman hewan kurban dari luar Sulawesi.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas), semester enam, Anindya Prameswari menuturkan, mewabahnya PMK pada hewan kurban terutama menjelang Hari Raya Idul Adha sangatlah rentan terjadi.

“Pasalnya aktifnya lalu lintas ternak serta mudahnya penularan virus membuat PMK dapat menyebar dengan cepat. Rekomendasi yang dicanangkan oleh MUI Sulsel dengan menutup akses lalu lintas ternak hingga menerjunkan tim kesehatan hewan merupakan langkah yang tepat guna meminimalisir mewabahnya penyakit tersebut,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, peran masyarakat dalam mencegah PMK seperti membawa hewan ternak ke Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) menjelang kurban sangatlah diperlukan agar hewan kurban yang terjangkit PMK dapat cepat terdeteksi sehingga tidak dikonsumsi masyarakat.

Mahasiswa Fikes, jurusan Farmasi, semester dua, Sabila Hanidasari mengatakan, pelaksanaan Idul Adha yang semakin dekat membuat pencegahan PMK harus cepat dilaksanakan agar penyakit tersebut tidak semakin mewabah.

“Langkah pencegahan baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat wajib dilaksanakan dengan konsisten agar upaya pencegahan PMK dapat terealisasi. Pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan vaksinasi, menjaga kebersihan kandang, serta  memberikan asupan gizi cukup pada ternak,” jelasnya.

(Surya Mahmuda)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *