6 Karakteristik seorang Critical thinker

Langkah-langkah berpikir kritis. Sumber : Kajian pustaka.com


Halo Balamuda! apa Balamuda mengetahui apa itu Critical Thinking?

Critical thinking atau berpikir kritis merupakan keterampilan yang memungkinkan Balamuda membuat keputusan yang logis, berdasarkan informasi yang didapat dan diolah sesuai kemampuan. Menurut www.wabisabilearning.com definisi dari berpikir kritis sebagai sebuah pemikiran yang jelas, rasional, logis dan mandiri. Hal itu tentang meningkatkan pemikiran dengan cara menganalisis, menilai dan merekonstruksi.

Penasarankan apa saja karakteristiknya? Mari Simak!

Watak 

Balamuda, seseorang yang mempunyai keterampilan berpikir kritis mempunyai sikap skeptis, sangat terbuka, menghargai sebuah kejujuran, respek terhadap berbagai data dan pendapat, respek terhadap kejelasan dan ketelitian, mencari pandangan-pandangan lain yang berbeda, dan akan berubah sikap ketika terdapat sebuah pendapat yang dianggapnya baik. Hal ini termasuk karakteristik critical thinking, lho.

Kriteria

Selanjutnya ada kriteria, dalam berpikir kritis, Balamuda harus mempunyai sebuah kriteria atau patokan. Untuk sampai ke arah sana, maka harus menemukan sesuatu untuk diputuskan. Meskipun sebuah argumen dapat disusun dari beberapa sumber pelajaran, namun hal tersebut akan mempunyai kriteria yang berbeda.

Apabila Balamuda akan menerapkan standarisasi, maka haruslah berdasarkan kepada relevansi, keakuratan fakta-fakta, berlandaskan sumber yang kredibel, teliti, tidak bias, bebas dari logika yang keliru, logika yang konsisten, dan pertimbangan yang matang.

Argumen

Ada juga argumen, argumen adalah pernyataan atau proposisi yang dilandasi oleh data-data yang harus Balamuda miliki. Keterampilan berpikir kritis akan meliputi kegiatan pengenalan, penilaian, dan menyusun argumen.

Pertimbangan atau pemikiran (Reasoning)

Reasoning, merupakan kemampuan Balamuda untuk merangkum kesimpulan dari satu atau beberapa premis. Prosesnya akan meliputi kegiatan menguji hubungan antara beberapa pernyataan atau data.

Sudut pandang

Sudut pandang adalah cara memandang atau menafsirkan dunia ini, yang akan menentukan konstruksi makna. Seseorang yang berpikir dengan kritis akan memandang sebuah fenomena dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Prosedur penerapan kriteria 

Prosedur penerapan berpikir kritis sangat kompleks dan prosedural. Prosedur tersebut akan meliputi merumuskan permasalahan, menentukan keputusan yang akan diambil, dan mengidentifikasi perkiraan-perkiraan.

Enam karakteristik tersebut harus Balamuda miliki untuk berpikir kritis. Sekiranya, mempelajari keterampilan selalu membutuhkan waktu dan latihan. Semoga saja di tengah banjir informasi, kita bisa bertahan dan terselamatkan dengan mencoba melatih berpikir kritis.

(Nazwa rizqia kamila)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *