Ekonomi Sirkular Jadi Model Industri Baru untuk Mengurangi Sampah

Ilustrasi sampah botol plastik. Sumber foto: Dream.co.id


Ekonomi sirkular merupakan model industri baru yang berfokus pada pengurangan sampah (reduce), penggunaan kembali (reuse), dan daur ulang (recycle) yang mengarah pada pengurangan konsumsi sumber daya primer dan produksi limbah. Meskipun model ekonomi sirkular sesungguhnya belum sepenuhnya diterapkan di Indonesia, namun mau tidak mau Indonesia harus menginplementasikan ekonomi sirkular.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), jurusan Perbankan Syariah, semester enam, Iffah Tsabita mengatakan, penerapan extended producer responsibility tersebut sebenernya adalah kebijakan yang dapat dilakukan di Indonesia atau tanggung jawab produsen yang lebih luas khususnya untuk menanggulangi sampah atau limbah di Indonesia dan bumi.

“Limbah plastik di Indonesia dapat ditanggulangi menggunakan 3R yaitu Recycle, Reduce, dan Reuse karena dengan hal tersebut penghijauan di Indonesia dapat diimplementasikan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, ekonomi sirkular tersebut sebenarnya sangat efektif untuk dilakukan namun sebaiknya ekonomi sirkular dapat disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat Indonesia karena ekonomi sirkular belum diketahui banyak oleh masyarakat.

Anggota Komunitas Pecinta Alam, Faldy Cahyadi mengatakan, kebijakan tersebut tentu akan menyehatkan kembali bumi yang sudah rapuh dan tua. Akan tetapi meskipun pengurangan penggunaan plastik sudah diterapkan sejak lama, masih banyak beberapa tempat berjualan yang tetap menggunakan plastik.

“Kebijakan tersebut akan berhasil jika masyarakat mau berkontribusi untuk menjaga bumi. Kebijakan tersebut memang akan memberikan dampak yang baik karena pengurangan penggunaan plastik, namun dikhawatirkan jika kemasan diubah akan banyak yang tidak menyukai dan membuat barang tersebut menjadi tidak laku,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, efektif atau tidaknya bukan berdasar pada negara tetapi berdasar kepada masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Jadi jika ingin diterapkan di Indonesia, maka masyarakat Indonesia harus ikut andil untuk menjaga bumi.

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *