Pemerintah Akan Terapkan Aturan Pembelian BBM Subsidi

Ilustrasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Sumber foto: radardepok.com


Saat ini pemerintah Indonesia sedang membuat aturan terkait teknis pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar. Hal tersebut dilakukan karena kenaikan harga minyak dunia dan peralihan konsumen dari BBM non subsidi ke BBM bersubsidi akibat disparitas harga. Situasi tersebut membuat beban keuangan Pertamina semakin berat karena perseroan harus melakukan impor 50 persen untuk bensin dengan harga yang tinggi, sementara harga jual justru tidak naik sesuai harga perekonomian.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), semester dua, Bagas Satria mengatakan, masyarakat yang memiliki kendaraan seperti mobil mewah atau bahkan mobil dinas pejabat pasti mampu membeli BBM yang lebih tinggi dari Pertalite.

“Hal tersebut merupakan kebijakan yang sangat baik dari pemerintah karena jika usaha kecil seperti supir angkutan ataupun petani kecil menggunakan BBM yang cukup mahal pastinya roda ekonomi mereka tidak akan berjalan lancar,” ujarnya.

Dirinya berharap, semoga kebijakan tersebut tetap konsisten dan tidak terjadi lagi salah sasaran serta tidak membuat BBM Pertalite menjadi langka yang disebabkan oleh oknum di pemerintahan yang bisa saja mengambil keuntungan secara ilegal jika kebijakan tersebut telah ditetapkan.

Salah seorang pengguna BBM Pertalite, Riki Bagas mengatakan, yang berhak menerima BBM bersubsidi adalah usaha kecil, usaha mikro, petani, dan kendaraan umum, karena mereka merupakan rakyat yang kehidupan sehari-harinya mungkin masih mengkhawatirkan.

“Peraturan tersebut sudah cukup baik khususnya untuk kesejahteraan rakyat kelas ke bawah dan menengah. Peraturan tersebut harus segera disahkan. Diharapkan peraturan tersebut diberlakukan dengan benar. Jika ada pelanggaran maka diberikan sanksi berupa denda atau apapun agar kesejahteraan rakyat dapat terwujud,” pungkasnya.

(Fadhlan Robbani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *